Vol. 16 No. 1 (2011): Sosio Konsepsia (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial
Articles

PEMASARAN SOSIAL PROGRAM ASURANSI KESEJAHTERAAN SOSIAL OLEH LEMBAGA PELAKSANA ASKESOS

Habibullah Habibullah
Habibullah, Peneliti Pertama pada Puslitbang Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI dengan kepakaran Kebijakan Sosial, alumnus Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (D/H Ilmu Sosiatri) Fisipol Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Program Pasca Sarjana (S2) Departemen Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia dengan Peminatan Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan.

Published 2017-05-17

How to Cite

Habibullah, H. (2017). PEMASARAN SOSIAL PROGRAM ASURANSI KESEJAHTERAAN SOSIAL OLEH LEMBAGA PELAKSANA ASKESOS. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 16(1), 69–83. https://doi.org/10.33007/ska.v16i1.793

Abstract

Asuransi kesejahteraan sosial (Askesos) merupakan salah satu asuransi sosial yang
ditujukan kepada pekerja mandiri di sektor informal. Ada banyal perbedaan antara Askesos
dengan program asuransi sosial lainnya diantaranya lembaga pelaksana, penerima manfaat
dan sumber dana untuk pembayaran klain. Oleh karena itu, kegiatan pemasaran sosial menjadi
sangat penting untuk mendukung suksesnya program Askesos. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan informan ditentukan secara purposif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa lembaga pelaksana Askesos menggunakan berbagai macam strategi
pemasaran sosial. Perbedaan strategi pemasaran sosial dapat dilihat dari produk, pesan,
saluran komunikasi, penerima pesan, tempat dan harga yang merupakan komponen penting
pada pemasaran sosial. Pemasaran sosial program Askesos sangat ditentukan oleh kondisi
setempat dan kemampuan lembaga pelaksana program Askesos. Kata-kata kunci: pemasaran sosial, asuransi sosial

Downloads

Download data is not yet available.