FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN PENYEBAB PERILAKU AGRESIF REMAJA DI PERMUKIMAN KUMUH DI KOTA BANDUNG
Untitled (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Susantyo, B. (2018). FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN PENYEBAB PERILAKU AGRESIF REMAJA DI PERMUKIMAN KUMUH DI KOTA BANDUNG. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.33007/ska.v6i1.381

Abstract

Secara

hipotetis, faktor-faktor determinan penyebab terjadinya perilaku agresif dalam penelitian ini dimodelkan sebagai a). Faktor keluarga/orang tua, b). Faktor rekan sebaya, c). Faktor lingkungan sosial/tetangga, d). Faktor media massa, e). Kondisi internal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji struktur model penyebab terjadinya perilaku agresif di kalangan remaja yang tinggal di permukiman kumuh.
Disamping itu juga untuk menguji apakah faktor-faktor penyebab tersebut signifikan berpengaruh terhadap terjadinya perilaku agresif? Penelitian ini melibatkan 311 responden remaja dari tiga kelurahan dengan level kekumuhan yang berbeda. Hasil uji permodelan (SEM) menunjukkan bahwa model hipotetis penyebab perilaku agresif remaja yang tinggal di kawasan permukiman terbukti fit, dan faktor-faktor yang diduga mempengaruhi  perilaku  agresif  remaja  juga  terbukti  signifikan  berpengaruh  terhadap  perilaku  agresif remaja, kecuali faktor rekan sebaya. Beberapa saran direkomendasikan terkait dengan pencegahan perilaku agresif di kalangan remaja yang tinggal di permukiman kumuh yang terbagi ke dalam beberapa aras, yaitu aras mikro, messo maupun makro yang dapat diimplementasikan baik secara individu, keluarga, kelompok, organisasi maupun komunitas.
Kata kunci: perilaku agresif, keluarga, rekan sebaya, lingkungan sosial.

The research uses hypothesis that aggressive behavior has been clustered into five main root causes that cover a). Family, b). Peers, c). Socialenvironmental/neighbors, d). mass media, and e). Internal conditions. The objective of the study is examine the hypothesis. Moreover, that’s also intended to examine how significant of those factors on the aggressive behavior. This study involved 311 adolescents as respondents from three villages with different levels of slums. The modelling test (Structural Equation modelling) has showed that the hypothetical model causes of adolescent aggressive behavior is fit, and the factors are suspected to affect in adolescent aggressive behavior are significant, excluding peers. This study recommends that preventing of aggressive behavior among adolescents who live in slums area which are divided into several levels; which are in micro, messo and macro level. They are could be implemented either as individuals, families, groups, organizations and communities.
Keywords: aggressive behavior, family, peer group, social environment.

https://doi.org/10.33007/ska.v6i1.381
Untitled (Bahasa Indonesia)

References

Abu Bakar, M. (2007). Perkaitan antara hubungan keluarga, pengaruh rakan sebaya dan kecerdasan emosi dengan tingkah laku delinkuen pelajar. Fakulti Pendidikan. Johor Bahru: Universiti Teknologi Malaysia.

Anderson, C.A. & Anderson, K.B., (1998). “Temperature and aggression: Paradox, controversy, and a (fairly) clear pictureâ€. In R.G. Geen & E. Donnerstein (Eds). Human aggression: Theories, research

and implications for social policy. San Diego, CA: Academis Press.

Aziz, W. (2003). Hubungan antara kemampuan pengendalian emosi dengan kepercayaan diri pada remaja. Status siswa-siswi Kelas II SMK Satria Jakarta. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2010). Bandung dalam angka. Bandung: Badan Pusat Statistik Kota Bandung.

Bandura, A. (1977). Social learning theory, New Jersey: Prentice – Hall, Inc.

Baron, R. A., Bryne, D., & Suls, J. (1994). Aggression and heat: Mediating effects of prior provocation and exposure to an aggressive model. Journal of Personality and Social Psychology, 31, 825 – 832.

Berkowitz, L. (1984). Some effects of thoughts on anti and prosocial influence of media events. A cognitive neoassociationist

analysis. Psychological Bulletin, 95, 410 - 427.

Berkowitz, L., & Green, R. G. (1967). Stimulus qualities of the target of aggression: A futher study. Journal of personality and Social Psychology, 5, 364 – 368.

Brehm, S.S., & Kassin, S.M. (1993). Social Psychology. Boston: Houghton Mifflin Company.

Brigham, J.C. (1991). Social psychology. New York: Harper Collingns Publishers Inc. Bronfenbrenner, U. (1989). Ecological systems

theory. In R. Vasta (Ed.), Annals of child development, Vol. 6 (pp. 187–249). Greenwich, CT: JAI Press.

Bronfenbrenner, U., & Morris, P. A. (2006). The bioecological model of human development. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology, Vol. 1: Theoretical models of human development (6th ed., pp. 793–828). New York: John Wiley.

Brown, F.J. (1990). Educational psychology. (2nd ed.).). New Jersey: Prentice Hall Engelwood.

Bushman, B.J. & Cooper, H.M. (1990). “Effects of alcohol on human aggression: An integrative research review. Psychological Bulletin, 107, 341-354.

Buss, A. H., & Perry, M. (1992). The aggression questionnaire. Journal of Personality & Social Psychology, 63, 452-459.

Carlson, M., Marcus-Newhall, A. & Miller, N. (1990). Effects of situasional aggression cues: A quantitative review. Journal of Personality and Social Psychology, 58, 622-633.

Chermack, S.T., & Giancola, P.R. (1997). “The relation between alcohol and aggression: An integrated biopsychosocial conceptualizationâ€. Clinical Psychology Review, 17, 621-649.

Chowhan, J. & Stewart, J. M. (2007). Television and the behaviour of adolescents: Does socio-economic status moderate the link? Social Science & Medicine. 65, 1324–1336

Crowe, T. D. (2000). Crime prevention through environment design: Applications of architectural design and space management concepts. (2nd ed.). National Crime Prevention Institute, Butterworth-Heinemann.

Dill, K.E. & Dill. J.C. (1998). Video game violence: A review of the empirical literature. Aggression and Violent Behavior, 3 (4), 407–428.

Dunkin, K. (1995). Developmental social psychology. From Infancy an old age. Oxford: Blackwell Publisher Ltd.

Flannery, D.J., Vazsonyi, A.T. & Waldman, I.D. (2007). The cambridge handbook of violent behavior and aggression. (Eds.). Cambridge, New York, Melbourne, Madrid, Cape Town, Singapore, São Paulo: Cambridge University Press

Hall & Lindzey.(1993). Psikologi kepribadian. Jakarta: Rajawali Pers.

Hetherington, E.M & Parke, R.D. (1999). Child psychology: A contemporary view point (5th ed.). Boston: Mc Graw-Hill College.

Hidayah, N.R, Fauzan, L.M & Mappiare, A.A.T. (1996). Sikap orangtua sebagai sumber perilaku agresif anak. Diakses pada 9 Oktober 2012 dari http://www.malang.ac.id/ jurnal/fip/ilpen/1996a.htm.

Jimerson, S. R., Caldwell, R., Chase, M. & Savarnejad, A. (2002). Conduct disorder. Santa Barbara: University of California.

Kirsh, S.J. (2006). Cartoon violence and aggression in youth. Aggression and Violent Behavior, 11, 547–557.

Koswara, E. (1988). Agresi manusia. Bandung: PT. Eresco.

Krahe, B. (2001). The social psychology of aggression: social psychology a modular course. United Kingdom: Psychology Press Ltd: Taylor and Francis group.

Kusnendi. (2007). Model-model persamaan struktural. Satu dan multi group sample dengan lisrel. Bandung: Alfabeta.

Levy-Warren, M. (1996). The Adolescent journey: Development, identity formation and psychoterpy. New Jersey: Jason Aronson Inc.

Lestari, B. (2003). Hubungan antara stres lingkungan dengan perilaku coping. Suatu penelitian pada masyarakat di salah satu RW, Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Masngudin,H.M.S. (2001). Kenakalan remaja sebagai perilaku menyimpang hubungannya dengan keberfungsian sosial keluarga: Kasus di pondok pinang pinggiran Kota metropolitan Jakarta:

Laporan penelitian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Usaha Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Departemen Sosial RI.

McNally, I. M. (2004). Causal factors in weekend city center aggression. Journal of Police and Criminal Psychology, 19 (1), 46 - 57

Mustika, F.R. (2003). Penelitian korelasi antara konsep diri dengan agresivitas pada pelaku penjarahan dalam peristiwa kerusuhan Mei 1998 di Jakarta. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Patrick, C.J. & Zempolich, K.A. (1998). Emotion and aggression in the

psychopathic ersonality. Aggression and Violent Behavior, 3 (4), 303–338.

Proctor, L.J. (2006). Children growing up in a violent community: The role of the family. Aggression and Violent Behavior, 11, 558–576.

Rosaline (2003). Hubungan antara konsep diri dan kecemasan sosial dengan penyesuaian pada remaja tuna daksa. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Sunarto, Rahardjo, T. & Pudjosantoso, H. (1997). Pengaruh video game terhadap perilaku agresif remaja di Kotarmadia Semarang. Retrieved May 18, 2015 from http://hqweb01. bkkbn.go.id/hqweb/ceria/ sslappage1.html

Susantyo, B. (2011). Memahami Perilaku Agresif: Sebuah Tinjauan Konseptual. Jurnal Informasi. (16), 3, 189-202.

Susantyo, B. (2007). Community developmentdalam praktik pekerjaan sosial. Bandung: STKS Press.

Susantyo, B. (2007). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan di Pedesaan.. Jurnal Informasi. (12), 3, 177-198.

Tedeschi, J.T. & Felson, R.B. (1994). Violence, aggression, and coercive

actions. Washington DC: American Psychological Association.

Webster, G.D. (2007). Is the relationship between self-esteem and physical aggression necessarily U-shaped?. Journal of Research in Personality, 41, 977–982.

Wiggins, J.A., Wiggins, B.B., & Zanden, J.V., (1994). Social psychology. New York: McGraw-Hill, Inc.

Wijayanto, S.H. (2008). Struktural equation modelling dengan lisrel 8.8: Konsep & tutorial. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yanti, D. (2005). Ketrampilan sosial pada anak menengah akhir yang mengalami gangguan perilaku. Makalah. Medan: Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU).

Zastrow, C. (2008). Introduction to social work and social welfare: Empowering people. George Williams College of Aurora University: Thomson, Brook/Cole.

Zebua, A.S. (2003). Hubungan antara konformitas dan konsep diri dengan perilaku konsumtif remaja putri. Penelitian pada SMU Tarakanita 1. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2017 Badrun Susantyo

Downloads

Download data is not yet available.