STUDI TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN SOSIAL NON TUNAI
Published 2018-11-05
How to Cite
Abstract
Studi lapangan ini bertujuan untuk menggali informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan penyaluran Program BantuanPangan Non Tunai (BPNT) melalui e-Warong. Adapun yang melatarbelakangi studi ini adalah keingintahuan terhadap tingkat kepuasan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program BPNT yang disalurkan melalui e-Warong, menentukan kesenjangan antara harapan KPM dengan kinerja Program BPNT untuk setiap atribut kepuasan, serta kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaan e-Warong. Penentuan responden dalam Kegiatan Pemantauan dan Evaluasi menggunakan purposive sampling sebanyak 57 responden yang meliputi penerima manfaat, pengelola e-Warong dan Dinas Sosial di 7 Provinsi dan 12 Kota. Hasil analisis menunjukkan bahwa masih terdapat kesenjangan yang terjadi antara kinerja yang dihasilkan dengan harapan yang seharusnya diperoleh penerima manfaat, seperti: 1) ketersediaan bahan pangan di e-Warong (X3= -0.37), 2) antrian pencairan bantuan pangan di e-Warong (X17= -0.32), 3) proses transaksi di e-Warong yang perlu diperhatikan kembali (X27= -0.30), 4) proses penyetokan, sarana dan prasarana e-Warong (X4= -0.24), serta 5) proses pendampingan pelaksanaan e-Warong yang perlu dilakukan secara kontinu (X28= -0.16). Kesimpulan dari kegiatan ini bahwa secara umum program penyaluran BPNT melalui e-Warong sudah cukup progresif, efektif dan efisien serta sangat potensial dalam memberdayakan keluarga penerima manfaat secara berkelanjutan, namun masih ada hal-hal yang harus diperbaiki seperti: pemantapan proses bisnis secara komprehensif, pendampingan program secara intensif berkelanjutan, dan pembangunan jejaring kerja.
Downloads
References
- Andi Field, Discovering Statistics using SPSS, Second Edition (California : SAGE Publication, 2006)
- Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, edisi revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta
- Azwar .(1986). Reliabilitas dan validitas Interprsetasi dan Komputasi. Yogyakarta, Liberty
- Cochran, William G. 1977. Sampling Technique Third Edition. United States of. America. John Wiley & Sons Inc.
- Fraenkel, J. & Wallen, N. (1993). How to Design and evaluate research in education. (2nd ed). New York: McGraw-Hill Inc.
- Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992), Research Methods for Business and. Management, MacMillan Publishing Company, New York
- Hadi, Sutrisno. 1984. Metodologi Research. Penerbit Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
- Hair, J.F., W.C. Black, B.J. Babin, R.E. Anderson, R.L.Tatham, (2006). Multivariate Data Analysis, 6. Ed., New Jersey: Prentice Hall
- Hasibuan, Malayu S.P. 1994. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT Midas Surya Grafindo, Jakarta.
- Karlingger, Fred N. 1987. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: UGM
- Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Evaluasi Paruh Waktu RPJMN 2015-2019.(2017). Jakarta.
- Kementerian Sosial RI. Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 25 Tahun 2016 tentang Bantuan Pengembangan Sarana Usaha Melalui Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan .(2016). Jakarta.
- Krejcie, R. V., & Morgan, D. W. (1970). Determining sample size for research activities. Educational and Psychological Measurement, 30,
- Lohr, Sharon L. 1999. Sampling: Design and Analysis. Penerbit Duxbury Press, California.
- Martilla, J. and James, J. (1977), ‘Importance-Performance Analysis’, Journal of Marketing, 41(1), 77-79. 607-610.
- M. Sulton Mawardi, Ruhmaniyati, Tamyis, A.R., Usman, S, Kurniawan, A., Budiani (2017). Kajian Awal Pelaksanaan Program e-Warong Kube-PKH. Jakarta, Indonesia: The SMERU Research Institute bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK).
- Nazir .(1990). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.
- Parasuraman, A Zeithaml, Valerie A dan L Berry. (1990). Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectations. The Free Press A Division of Mac Millan inc, New York.
- Rudi Setiawan, “Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Kereta Api Komuter Surabaya – Sidoarjo†(Surabaya: Jurusan Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, tt)
- Sugiyono, Prof., Dr. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
- Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
- Tim BPNT Pusat. Pedoman Pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai Tahun 2017
- Uyanto, Stanislaus S, Ph.D. (2009). Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Griya Ilmu
- http://www.eurekapendidikan.com/2015/09/defenisi-sampling-dan-teknik-sampling.html (diakses bulan Desember 2017)
- https://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html (diakses bulan Desember 2017)
- https://www.statistikian.com/2017/06/teknik-sampling-dalam-penelitian.html (diakses bulan Desember 2017)