Vol. 14 No. 2 (2025): Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial
Articles

Studi Deskriptif Gambaran Pengetahuan Seksual Anak Usia Dini di Kota Bandung

Ayuzha Tidar Faradilla
Program Studi Psikologi Terapan, Program Magister, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia
Farida Kurniawati
Program Studi Psikologi Terapan, Program Magister, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia

Published 2025-04-30

How to Cite

Faradilla, A. T., & Kurniawati, F. (2025). Studi Deskriptif Gambaran Pengetahuan Seksual Anak Usia Dini di Kota Bandung. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 14(2). https://doi.org/10.33007/ska.v14i2.3570

Abstract

Pengetahuan seksual menjadi bagian penting dari masa kanak-kanak untuk membentuk nilai dan sikap yang tepat terhadap seksualitas dan meningkatkan kemampuan anak untuk dapat menghindar dari resiko kekerasan seksual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat pengetahuan seksual anak usia 4-6 tahun di Kota Bandung. Uji deskriptif dilakukan pada 261 responden menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, metode analisis statistik deskriptif dan metode penarikan sampel convenience sampling. Hasil uji menunjukkan bahwa mayoritas anak-anak (67,1 persen) memiliki pengetahuan seksual yang tinggi dengan skor pengetahuan berada dalam rentang 14-19. Sebanyak 30,2 persen anak memiliki pengetahuan seksual dalam kategori sedang dengan skor 7-13 dan 2,7 persen anak memiliki pengetahuan seksual dalam kategori rendah dengan skor 0-6. Secara keseluruhan, hasil uji deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar anak usia dini di Kota Bandung memiliki pengetahuan seksual yang tinggi namun masih terdapat sebagian kecil anak dengan pengetahuan dalam kategori sedang dan rendah yang perlu dioptimalkan. Perlunya peningkatan kemampuan guru dan orang tua dalam menyampaikan materi pendidikan seksual, pemilihan metode dan media yang tepat, penyusunan kurikulum pendidikan seksual yang sesuai serta evaluasi program pendidikan seksual secara berkala sebagai upaya meningkatkan pengetahuan seksual anak usia dini yang berada pada kategori sedang dan rendah di Kota Bandung ini.

References

  1. Adikusuma, M. P., & Maharani, E. A. (2023). Pengetahuan , Sikap , dan Persepsi tentang Pendidikan Seks Pada Pendidik Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood, 6(3), 312–320. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.511
  2. Ali, M. I. (2023). Need for Implementation of Sex Education Curriculum in Primary Schools to Protect Children from Sexual Abuse in Pakistan. Journal of Legal Studies, 31(45), 51–65. https://doi.org/10.2478/jles-2023-0004
  3. Ambarwati, D. 2021. Pengembangan Strategi Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Pendekatan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Perempuan, Agama dan Jender. 20 (2) 186 – 198.
  4. Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (Eds.). (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching And Assessing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Addison Wesley Longman, Inc.
  5. Anwar, N. A. O., & Purwastuti, L. A. (2024). Sex education in implementation of Merdeka Curiculum at Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 12(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/paud.v12i1.71884
  6. Azzahra, Q. M. 2020. Pendidikan Seksual Bagi Anak Usia Dini: “ My bodies Belong To Me”. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 4 (1).
  7. Behrendt, A. E., Brick, P., Casper, V., Geyer, N., Gundell, G., Hernandez, M., Jordan, N., Koch, P. B., Manners, B., Patiero, C.,
  8. Rothbart, B., Schor, E., Sofka, D., Sprung, B., Wilson, P., & Yates, A. (1998). Right From the Start: Guidelines for Sexuality Issues, Birth to Five Years. Sexuality Information and Education Council of The United States.
  9. Bergström, H., Eidevald, C., & Broström, A. W. (2016). Child Sexual abuse at preschools – A research review of a complex issue for preschool professionals. Early Child Development and Care, 186(9), 1520–1528.
  10. Biro Hukum dan Humas KEMENPPPA. 2024. Kolaborasi berkelanjutan lintas sektor dan regional, kunci atasi kasus kekerasan anak. KEMENPPPA.
  11. Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxanomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals Handbook 1 Cognitive Domain. In B. S. Bloom (Ed.), Taxonomy of educational objectives. Longmans.
  12. Febriyansyah, M. S. (2021). Persepsi Siswa Mengenai Pendidikan Seks ( Studi Deskriptif Kualitatif ) Pada Siswa Kelas Atas SDN Bandungan 03 Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 2(3).
  13. Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (1993). How to design and Evaluate research in Education (2nd ed.). McGraw-Hill Inc.
  14. Freud, S. (1905). Three Essays on the Theory of Sexuality. The Standard Edition of The Complete Psychological Works of Sigmund Freud. UPPEN
  15. Gravetter, F. J., & Forzano, L.-A. B. (2018). Research Methods for the Bahvioural Sciences. In Cengage (Vol. 53, Issue 9).
  16. Hartini, W. (2018). Pengaruh Edukasi Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Persepsi Anak Usia Prasekolah di Kavipaten Cirebon [Tesis, Universitas Indonesia]. UIANA. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20467448&lokasi=lokal
  17. Ismiulya, F., Diana, R. R., Na’imah, & Nurhayati, S. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 4276–4286.
  18. Jin, H.-S., & Park, H.-R. (2011). Sexual Knowledge and Perception and Current Status of Sex Education among Parents of First and Second Grade Elementary Schoolers. Journal of Korean Academy of Child Health Nursing, 17(3), 198. https://doi.org/10.4094/jkachn.2011.17.3.198
  19. Kementerian Sosial. Rekapitulasi Respon Kasus Anak Berdasarkan Media Monitoring. [Slide Power Point]
  20. Kementerian Sosial. Respon Kasus Pendamping Rehsos Anak Tahun 2023. [Slide Power Point]
  21. KPAI. 2023. Data Kasus Perlindungan Anak dari Pengaduan ke KPAI tahun 2023. KPAI. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-dari-pengaduan-ke-kpai-tahun-2023
  22. Kurniawati, R. A., Wahyuningsih, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Penerapan Pendidikan Seksualitas Melalui Media Lagu Pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas. Jurnal Kumara Cendekia. Vol. 8 (3).
  23. Margaretta, S.S., & Kristyaningsih, P. (2020). Effektifitas Edukasi Seksual Terhadap Pengetahuan Seksualitas Dan Cara Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Sekolah. Prosiding Seminar Hasil penelitian 2020. IIKBW PRESS.
  24. Nada, R. L. 2023. Anak dan Kejahatan Seksual: Seks Edukasi Sebagai Usaha Preventif Kekerasan Seksual Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar. (Vol 6 No. 1)
  25. Pandia, W. S. S., Widyawati, Y., & Indriati, E. (2017). Sexual Education Knowledge for Early Childhood. 58, 446–450.
  26. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini diakses dari https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-
  27. StandarNasionalPAUD.pdf
  28. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini diakses dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%20146%20Tahun%202014.pdf
  29. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 101 th 2022 tentang Strategi Nasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/216641/perpres-no-101-tahun-2022
  30. Putinah, Afriyani, R., Fatriansari, A., Desvitasari, H., Dedi Pahrul, Firmansyah, M. R., Abdul Syafei, & Apriyani. (2024). Pengetahuan Tentang Pendidikan Seks Usia Dini Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Prasekolah. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2).
  31. Rosalina, S. (2018). Pengenalan Pendidikan Seksual Pada Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Lagu Di Kb Latansa Bumiroso Watumalang Wonosobo. E-Journal Mahasiswa PG PAUD UNY, 7(3).
  32. Sahal, U. (2024, January 28). Kapan Memperkenalkan Organ Intim pada Anak? Ini Penjelasan Dosen UM Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
  33. Silalahi, Ulber. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Refika Aditama
  34. Soltani, F., Azizi, R., Sourinegad, H., Shayan, A., Mohammadi, Y., & Khodakarami, B. (2017). Sexual knowledge and attitude as predictors of female sexual satisfaction. Biomedical Research and Therapy, 4(12), 1874–1884. https://doi.org/10.15419/bmrat.v4i12.398
  35. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Alfabeta. Bandung.
  36. Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 5(02), 164–174.
  37. Syima, S. (2017). Kemampuan Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa. Early Childhood Jurnal Pendidikan, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.63
  38. Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 tahun 2022 Tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/207944/uu-no-12-tahun-2022
  39. UNESCO. (2018). International technical guidance on sexuality education. UNESCO
  40. UNICEF. (2023). Setiap Anak Punya Hak-Hak yang Harus Dilindungi. https://www.unicef.org/indonesia/id/setiap-anak-berhak
  41. UNICEF. (2023). #JagaBareng Pelajari Cara-Cara Menjaga Dirimu Dan Sesama Dari Bahaya Kekerasan Dan Eksploitasi Seksual Pada Anak Di Ranah Daring. https://www.unicef.org/indonesia/id/perlindungan-anak/jagabareng
  42. WHO. (2010). Standars for Sexuality Education in Europe. A Framework for policy makers, educational and health authorities and specialists. BZgA Federal Centre for Health Education EUROPE
  43. Yusuf, H. H. (2019). Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak. Al-wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 13(1).
  44. Zubaedah, S. (2016). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam di Kota Yogyakarta. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 2, 2. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal