PRAKTIK PENGASUHAN TERKAIT PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF PADA ANAK USIA PRASEKOLAH OLEH ORANG TUA

Main Article Content

Budi Muhammad Taftazani
Nurliana Cipta Apsari
Ishartono Ishartono Ishartono

Abstract

Praktik pekerjaan sosial selain diarahkan kepada tindakan mengatasi masalah sosial, juga bergerak pada isu yang berorientasi pencegahan dan pengembangan. Salah satu isu yang terkait dengan orientasi pengembangan dan pencegahan masalah adalah kualitas pengasuhan anak oleh orang tua. Riset ini secara praktis dapat dijadikan bahan kajian untuk mengembangkan intervensi pekerjaan sosial dalam meningkatkan kualitas pengasuhan anak oleh orang tua. Artikel secara khusus menggambarkan tentang praktik pengasuhan orang tua terkait pengembangan aspek kogntif anak usia prasekolah. Artikel ditulis berdasarkan riset deskriptif yang dilakukan melalui survey pada populasi keluarga yang memiliki anak usia prasekolah yang tinggal di apartemen transit Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.  

Praktik pengasuhan yang dilakukan menunjukkan mayoritas orang tua memberi dukungan kepada anak melalui pemberian aktivitas yang menantang anak. Orang tua memberikan kesempatan kepada anak melakukan aktivitas atas inisiatif mereka sendiri. Saat anak mencapai keberhasilan tidak semua orang tua memberi apresiasi pada anak. Hanya sebagian orang tua mengetahui batas kemampuan berfikir anak yang berguna sebagai patokan pembelajaran. Sebagian orang tua pernah menyebut anak mereka malas atau tidak mampu, sebagi hal yang berlawanan dengan pengasuhan efektif yang seharusnya lebih banyak memberi dukungan dan motivasi. Mayoritas orang tua mempraktikan pengasuhan yang sejalan dengan persiapan memasuki tahap perkembangan berikutnya diantaranya belajar mengembangkan persepsi dengan mengajarkan anak memahami keadaan orang lain dan menunda kesenangan. Interaksi dan aktivitas bersama antara orang tua dan anak memungkinkan terjadinya dialog sebagai media untuk meningkatkan kemampuan anak.

Untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dan mencegah terjadinya perlakuan kurang tepat, pekerja sosial yang bekerja di arena kesejahteraan anak dan keluarga perlu mengembangkan program edukasi terkait praktik pengasuhan yang tepat sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

Article Details

How to Cite
Taftazani, B. M., Apsari, N. C., & Ishartono, I. I. (2019). PRAKTIK PENGASUHAN TERKAIT PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF PADA ANAK USIA PRASEKOLAH OLEH ORANG TUA. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(4), 339–350. https://doi.org/10.31105/jpks.v17i4.1520
Section
Articles
Author Biographies

Budi Muhammad Taftazani, Departemen Kesejahteraan Sosial Fisip Universitas Padjadjaran

Staf pengajar Departemen Kesejahteraan Sosial, Fisip, Universitas Padjadjaran

Nurliana Cipta Apsari, Departemen Kesejahteraan Sosial Fisip Universitas Padjadjaran

Staf pengajar Departemen Kesejahteraan Sosial, Fisip, Universitas Padjadjaran

Ishartono Ishartono Ishartono, Departemen Kesejahteraan Sosial Fisip Universitas Padjadjaran

Staf pengajar Departemen Kesejahteraan Sosial, Fisip, Universitas Padjadjaran

References

Apsari, N.C. (2015). Hak Anak: Perspektif Pekerjaan Sosial. Bandung: Unpad Press.

Berlin, B.Sharon, (2002). Clinical Social Work Practice. New York : Oxford University Press, Inc.

Butler, Ian & Gwenda Roberts, (2004). Social Work With Children and Family. New York : Jessica Kingsley Publihers, Ltd.

Coates, D., Anand, P., & Norris, M. (2013). Housing, Happiness And Capabilities: A Summary Of The International Evidence And Models. International Journal of Energy, Environment and Economics, Vol. 21, No. 3.

Crawford, K. & Walker, J. (2007). Social Work And Human Development 2nd Edition. Exeter Uk, Learning Matters Ltd.

Daniel, B. & Wassell, S. (2002). The Early Years. Assessing and Promoting Resilience in Vulnerable Children. Jessica London : Kingsley Publishers.

Hurlock. Elizabeth B. (1980). Developmental Psychology. A life-Span Approach, Fith Edition. McGraw-Hill, Inc.

Iwaniec, Dorota. (2007) Competence in Working With Families, in O’Hagan Kieran, Competence in Social Work Practice: a Practical Guide for Students dan Professionals. London : Jessica Kingsley Publishers.

Petr G. Christopher (2003) Social Work With Children and Their Families : Pragmatic Foundations, 2nd Editon. New York : Oxford University Press, Inc.

Piaget, (1928). Judgement and Reasioning in The Child. Taylor & Francis e-Library, 2002.

Santrock, W John. (2007). Life Span Development. New York: McGraw-Hill.

Williams & Sternberg. (2002). How Parents Can Maximize Childrens Cognitive Abilities in Marc H. Bornsetin. Handbook of Parenting: Practical Issues in Parenting. Lawrence, New Jersey :Erlbaum Associates, Inc.

Zastrow, Charles H. (2003). The Practice of Social Work: Applications of Generalist and Advanced Content. Brooks/Cole Thomson Learning, Inc.