Peran Dukungan Sosial bagi Siswa Penyandang Disabilitas dalam Meraih Prestasi Nonakademis

Main Article Content

Yuniar Adelia Sabila
Dwi Amalia Chandra Sekar
Annisah Annisah

Abstract

Keberadaan sekolah inklusif memberikan kesempatan bagi siswa penyandang disabilitas untuk mendapatkanpendidikan formal seperti anak normal lainnya. Dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan agar mereka dapatmengikuti proses pembelajaran dan meraih prestasi baik akademik maupun non akademik. Penelitian ini bersifat deskriptifkualitatif dan bertujuan untuk mendeskripsikan dukungan sosial bagi siswa penyandang disabilitas di SMP Negeri 226Jakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada dua orang siswa penyandang disbailitas yang berprestasi,orang tua dan saudara kandung, teman, dan guru. Data diperdalam dengan melakukan observasi, studi pustaka, dan studidokumentasi. Data dianalisis secara bertahap yaitu melalui proses pengorganisasian, kategorisasi, dan interpretasi dataserta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial dari sekolah (guru dan teman)berperan besar dalam pencapaian prestasi non akademik siswa penyandang disabilitas. Selain itu, dukungan keluarga jugaberperan sangat krusial. Bentuk dukungan sosial yang diterima siswa penyandang disabilitas berupa dukungan emosional,instrumental, apresiasi, dan informasional. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kerjasama antara sekolah dan keluargasiswa penyandang disabilitas sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan pendidikan akademik mereka di sekolah danuntuk meraih prestasi di kemampuan khusus yang mereka miliki. Rekomendasi ditujukan kepada pemerintah dan sekolah untuk menciptakan lebih banyak lingkungan inklusif bagi siswa penyandang disabilitas dan meningkatkan dukungan sosial bagi siswa penyandang disabilitas sehingga berprestasi.

Article Details

How to Cite
Sabila, Y. A., Sekar, D. A. C., & Annisah, A. (2021). Peran Dukungan Sosial bagi Siswa Penyandang Disabilitas dalam Meraih Prestasi Nonakademis. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 20(2), 103–114. https://doi.org/10.31105/jpks.v20i2.2358
Section
Articles
Author Biography

Annisah Annisah, Universitas Indonesia

Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial

References

Aphrodita. 2013. Terapi Jus Buah Dan Sayur. Jogjakarta: Katahati.

Dewi, Freshy Windy Rosmala. 2020. “Pemuda Penyandang Disabilitas: The Ones Left Behind?”

Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial 19(1):1–10.

Handayani, Rita. 2010. “Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X Dan XI IPS SMAN I Minggir Sleman Tahun Ajaran 2009/2010.” Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayatullah, A. N., & Pranowo, P. (2018). Membuka Ruang Asa dan Kesejahteraan Bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(2), 195–206. https://doi.org/10.31105/jpks.v17i2.1269

Hornby, Garry. 2015. “Inclusive Special Education: Raising Achievement for All Students with Special Needs and Disabilities.” Australian Educational Leader 37(3):22.

Isnawati, Dian, and Fendy Suhariadi. 2013. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Masa Persiapan Pensiun Pada Karyawan PT Pupuk Kaltim.” Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi 2(1):1–6.

Jenaabadi, Hossein. 2013. “On The Relationship Between Perceived Social Support and Blind and Lowvision Students Life Satisfaction and Self-Confidence.” Journal of Educational & Instructional Studies in the World 3(1).

Johnson, David W., and Frank P. Johnson. 1991. Joining Together: Group Theory and Group Skills. Prentice- Hall, Inc.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2017. “Pendidikan Inklusi Bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus.”

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. “Sekolah Inklusif Dan Pembangunan SLB Dukung

Pendidikan Inklusif.”

Kementrian Perlindungan Anak dan Perempuan. 2013. “Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping (Orang Tua, Keluarga, Dan Masyarakat).” Kementrian Perlindungan Anak Dan

Perempuan.

Kusrini, Woro, and Nanik Prihartanti. 2014. “Hubungan Dukungan Sosial Dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Boyolali.” Jurnal Penelitian Humaniora 15(2):131–40.

Kustawan, Dedy, and Yani Meimulyani. 2013. “Mengenal Pendidikan Khusus Dan Pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinya.”

Maslihah, Sri. 2011. “Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat.” Jurnal Psikologi 10(2):103–14.

Metri, Yulia Hadi, Zulhelmi, and M. Rahmad. 2014. “Hubungan Percaya Diri Dan Keyakinan Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Pekanbaru.”

Mulyono. 2008. Manaemen Administrasi & Organisasi. Jogjakara: Arruz Media.

Neuman, W. Lawrence. 2006. Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approaches. six edition. Allyn and Bacon.

Nugroho, Adi. 2019. “Siswa Berkebutuhan Khusus Di Bekasi Diduga Dianiaya Guru Hingga memar.” Merdeka.Com, Februari 13.

Nurwati, Andi. 2009. “Hubungan Antara Interaksi Sosial Siswa Dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Gorontalo.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2(2).

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru, DKI Jakarta. 2019. “Hasil Seleksi Inklusi.”

Prinst, Darwan. 2003. Hukum Anak Indonesia. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. Ramadhan. 2012. Pendidikan Ketrampilan Dan

Kecakapan Hidup Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Javalitera.

Rif’ati, Mas Ian, Azizah Arumsari, Nurul Fajriani, Virgin S. Maghfiroh, Ahmad Fathan Abidi, Achmad Chusairi, and Cholichul Hadi. 2018. “Konsep Dukungan Sosial.” Jurnal Penelitian: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.

Sarafino, Edward P. 2001. Health Psychology: Bio-Psychosocial Interaction. New York: John Willey &

Sons Inc.

Sarafino, Edward P. 2011. Health Psychology: Biopsychosocial Interaction. 7th ed. USA: John Willey & Sons Inc.

Smet, Bart. 1999. Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo.

Smith, David. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah Untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Moersito Wimbo, and Dwi Yulis Susanto. 2014. “Dinamika Dukungan Sosial Pada Prestasi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Indigenous Psychology.” Jurnal Psikologi Tabularasa 9(1).