Implementasi dan Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Authors

  • eddy kiswanto Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.31105/jpks.v20i2.2584

Keywords:

social empowerment

Abstract

Penilaian masyarakat sebagai penerima manfaat pada tahap implementasi program penting untuk diketahui sebagai bahan untuk melakukan evaluasi program. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan tingkat kepuasan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terhadap program BPNT. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei dengan wawancara tatap muka pada 700 KPM di Kota Medan, Bandar Lampung, Jakarta Utara, Tasikmalaya, Surakarta, Tegal, Malang, Probolinggo, Mataram, dan Makassar. Hasil penelitian menunjukkan, pada tahap implementasi program, sebanyak 82,9 persen KPM mengetahui bahwa program ini merupakan pengganti program Rastra/Raskin. Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa saldo dapat ditukarkan kapan saja di waktu yang telah ditentukan dan dapat disisakan. Sebagian besar KPM telah mencairkan BPNT dengan jenis komoditi berupa beras dan gula. Diketahui semua keluarga PKH di setiap kota telah mencairkan BPNT. KPM yang belum melakukan pencairan BPNT sebagian besar karena belum mendapatkan jadwal pencairan bantuan sebesar 52,8 persen dan belum mendapatkan kartu BPNT sebanyak 15,5 persen. Permasalahan yang ditemui saat melakukan pencairan bantuan dari sisi teknis adalah tidak adanya bukti transaksi (bon/nota) ketika melakukan transaksi di E-Warong yaitu mencapai 72,9 persen. Sedangkan masalah ketersediaan dan kualitas barang yang paling banyak dikeluhkan adalah kualitas beras kurang baik dibanding toko/warung mencapai 50,3 persen. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap program BPNT sangat tinggi karena hampir 90 persen menyatakan cukup puas dan puas.  Kata Kunci: bantuan pangan non-tunai, implementasi program, keluarga penerima manfaat, tingkat kepuasan

References

Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Bappenas, PMK, K., Kemensos, Kemendagri, Presiden, K. S., & TNP2K. (2017). Pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai.

Devereux, S., & Sabates-Wheeler, R. (2004). IDS Working Paper 232 Transformative Social Protection. Development, October, 36.

Ditjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI. (2017). FGD Ansipasi Penerapan Kebijakan Rastra menjadi Bantuan Pangan non Tunai ( BPNT ) Ditjen Penanganan Fakir Miskin. http://www.perhepi.org/wp-content/uploads/2017/05/Bahan-FGD-PERHEPI-Dirjen-Penanganan-Fakir-Miskin-Kemensos-RI.pdf

Permensos No.11 2018 tentang Penyaluran Bantuan Pangan Nontunai, (2018).

PP No.11 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sisten dan Transaksi Elektronik, (2019).

Ruiz, M., & Koutronas, E. (2018). The Basic Manual of Social Security: Theory and Evaluation. 1(August), 133. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35578.75204/3

Shepherd, A., Marcus, R., & Barrientos, A. (2004). Policy Paper on Social Protection. DFID Paper on Social Protection, 1–50. http://www.odi.org.uk/sites/odi.org.uk/files/odi-assets/publications-opinion-files/1670.pdf

Siltrakool, B. (2017). Assessment of Community Pharmacists ’ Knowledge , Attitude and Practice Regarding Non-Prescription Antimicrobial Use and Resistance in Thailand BUDH SILTRAKOOL Submitted to the University of Hertfordshire in partial fulfilment of the requirements for the (Issue October).

Tohidinia, Z., & Mosakhani, M. (2010). Knowledge sharing behaviour and its predictors. Industrial Management and Data Systems, 110(4), 611–631. https://doi.org/10.1108/02635571011039052

Zamil, A. M. and, & Shammot, M. M. (2011). Role Of Measuring Customer Satisfaction In Improving The Performance In The Public Sector Organization. Journal of Business Studies Quarterly, 2(3), 32–41.

Zhou, Y., Thøgersen, J., Ruan, Y., & Huang, G. (2013). The moderating role of human values in planned behavior: The case of Chinese consumers’ intention to buy organic food. Journal of Consumer Marketing, 30(4), 335–344. https://doi.org/10.1108/JCM-02-2013-0482

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

kiswanto, eddy. (2021). Implementasi dan Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 20(2). https://doi.org/10.31105/jpks.v20i2.2584