KAJIAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA PANTI SOSIAL PEMERINTAH DI KOTA BEKASI JAWA BARAT Sebuah Upaya Menuju Pelayanan Prima
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Mujiyadi, B. (2017). KAJIAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA PANTI SOSIAL PEMERINTAH DI KOTA BEKASI JAWA BARAT Sebuah Upaya Menuju Pelayanan Prima. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 6(2), 185–196. https://doi.org/10.33007/ska.v6i2.934

Abstract

Abstrak

Pelayanan prima terhadap penerima manfaat dalam panti merupakan keharusan dalam rangka memenuhi perlindungan sosial bagi penerima manfaat dimaksud. Salah satu upaya mencapai pelayanan prima adalah terpenuhinya sumber daya manusia baik dalam jumlah maupun kompetensinya, sesuai standar professional dan aturan yang ditetapkan dalam perundangan. Kajian kualitatif ini mengambil sampel pada tiga panti pemerintah yang berada di Kota Bekasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa jumlah dan kompetensi sumber daya manusia yang ada masih belum memenuhi standar yang ditetapkan, yang mengakibatkan pelayanan yang ada belum terlaksana secara prima. Jumlah tenaga yang ada belum sebanding dengan jumlah yang dilayani. Hal itu menjadi lebih parah ketika dilihat variasi jenis pelayanan yang dilaksanakan oleh panti. Oleh karena itu disarankan untuk peningkatan jumlah dan kemampuan tenaga yang ada dalam rangka menuju pelayanan prima. Peningkatan jumlah tenaga dapat dilaksanakan melalui rekruitmen baru baik yang kategori Aparatur Sipil Negara, maupun yang sifatnya kontrak kerja. Sedangkan untuk peningkatan kapasitas, dilakukan dengan pelatihan teknis maupun manajemen.

Kata Kunci: Sumber Daya Manusia; Panti Sosial; Pelayanan Prima.

 

Abstract

Perfect services for client in shelters home is necessary to be conducted as part of social security manifestation. One among varies efforts is sufficient human resources both in terms of total numbers and their competencies, that refers to formal standard. This qualitative research takes samples in three Government’s shelter homes in Bekasi Municipality. The result shows that total numbers of human resources and their competences were not sufficient enough to gain perfect services. Its regarded that getting worse when be seen from varies models that conducted in these shelters. Hence, its recommended to enhance those number and also their competences to gain perfect services. In terms of population could be done by recruit new staff both Civil State Aparatus and out-sourcing, while in terms of competency maight be by involving staff to varies of training both technical and manajemen skill.

Keywords: Human Resources; Shelter Homes; Perfect Services.

https://doi.org/10.33007/ska.v6i2.934
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Baktianur, Win (2012); Psikologi Pendidikan; https://winpsikologi.wordpress.com/2012/04/23/; diunduh 31 Agustus 2016

Dessler, G, (2006). Manajemen Sumber daya Manusia, edisi ke sepuluh, Jakarta. PT Indeks

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (2014); Perlindungan Sosial di Indonesia: Tantangan dan Harapan ke Depan, Jakarta. Direktorat Perlindungan dan Kesejahteraan Masyarakat, https://www.bappenas.go.id.index.php/download_file/view (diunduh 16 Juni 2016)

Moekijat,Drs, (1992). Analisis Jabatan, Bandung: Penerbit CV Mandar Maju.

-----------, (2008). Administrasi Perkantoran, Bandung: Penerbit CV. Mandar Maju

Hanggraeni, Dewi. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Mangkuprawira, TB.Syafri. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Manullang M, Dra, (1981). Manajemen Personalia, Penerbit Ghalia Indonesia.

Mujiyadi, B. dan Gunawan (2005). Studi Penataan Panti-Panti Sosial, Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Usaha Kesejahteraan Sosial.

Rachmawati, Ike Kusdyah, (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit CV. ANDI OFFSET (penerbit andi).

Yulaswati, Vivi (2015); Perlindungan Sosial Lanjut Usia, Bahan Paparan Bappenas di seminar FISIP UI Depok 27 Mei 2015

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2017 Drs.Benedictus Mujiyadi M.SW

Downloads

Download data is not yet available.