Vol. 17 No. 1 (2012): Sosio Konsepsia (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial
Articles

KETIDAKSETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN; Studi Pada Perempuan di Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang

Rahmi Fitrianti
Rahmi Fitrianti, Staf pada Direktorat Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial RI, Alumni Program Studi Magister Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI dan Sarjana Psikologi Universitas Padjajaran. email: revaleezza@yahoo.com
Habibullah Habibullah
Habibullah, Peneliti Muda pada Puslitbang Kesos, Kementerian Sosial RI, Alumni Program Studi Magister Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI dan Sarjana Sosial, Jurusan Ilmu Sosiatri (Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan) Universitas Gadjah Mada. email: habibullah792002@yahoo.com

Published 2017-05-17

How to Cite

Fitrianti, R., & Habibullah, H. (2017). KETIDAKSETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN; Studi Pada Perempuan di Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 17(1), 85–100. https://doi.org/10.33007/ska.v17i1.809

Abstract

Penelitian ini membahas tentang ketidaksetaraan dalam pendidikan di Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidaksetaraan gender dalam pendidikan bagi perempuan di Majalaya - Karawang yang disebabkan oleh pengaruh akses, partisipasi, kontrol, manfaat serta nilai terhadap pendidikan. Faktor penting yang mendorong terciptanya ketidaksetaraan gender dalam pendidikan adalah nilai. Nilai yang ada membentuk stereotip negatif yang menyebabkan terjadinya marjinalisasi, subordinasi dan beban kerja pada perempuan di Kecamatan Majalaya. Kata kunci: Ketidaksetaraan gender, pendidikan, perempuan

Downloads

Download data is not yet available.