PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA BENCANA BERBASIS PENELITIAN
PDF

How to Cite

Bahransyaf, D. (2017). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA BENCANA BERBASIS PENELITIAN. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 14(1), 47–56. https://doi.org/10.33007/ska.v14i1.755

Abstract

Wilayah NKRI yang gemah ripah loh jinawi, subur dan memiliki kekayaan alam dan laut yang
sangat berlimpah, ternyata juga merupakan wilayah yang rawan terjadinya bencana alam. Bencana alam ini baik yang diakibatkan oleh gempa vulkanik maupun tehtonik, serta akibat ulah manusia.
Sudah banyak terjadi bencana alam dan korban jiwa yang berjatuhan, kentgian material yang sudah tak terhitung lagi jumlalmya dan bahkan beberapa tahun belakangan ini bencana tersebut terjadi hampir seluruh provinsi di wilayah NKRI ini.
Studi tentang pemberdayaan masyarakat pasca bencana ini mencoba mendeskripsikan berbagai kejadian bencana alam di Indonesia, yang terjadi selama periode tahun 2000 - 2006 dimana pada masa itu banyak terjadi peristiwa bencana alam yang memakan banyak korban jiwa. Melalui kajian dari berbagai sumber informasi maupun hasil penelitian, diharapkan dapat ditemukan model pemberdayaan pasca bencana yang dapat dijadikan acuan bagi para pengguna.
Upaya-upaya tersebut salah satunya adalah melakukan pemberdayaan atau penguatan kepada para korban yang telah kehilangan harta benda dan usaha/pekerjaan, melalui pranata sosial/lembaga sosial lokal yang peduli terhadap masalah ini. Membuka akses dan membantu pendampingan pada akses ekononimi lokal, agar mereka dapat eksis lagi menapaki kehidupan dan penghidupan sosial eko11omi di rnasa mendatang.

https://doi.org/10.33007/ska.v14i1.755
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2017 Daud Bahransyaf

Downloads

Download data is not yet available.