Vol. 12 No. 3 (2007): Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial
Articles

POLA MENONTON TELEVISI PADA ANAK (Stndi Kasns di SDN Johar Barn 1 Jakarta Pnsat dan SD Islam Al Azhar, Kebayoran Barn, Jakarta Selatan)

Ivo Noviana
Ivo Noviana, alumnus Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial tahun 1998. Saat ini sebagai staf bidang Kerjasama dan Publikasi, Puslitbang Kessos – Badiklit Kessos, Departemen Sosial RI.

Published 2017-04-10

How to Cite

Noviana, I. (2017). POLA MENONTON TELEVISI PADA ANAK (Stndi Kasns di SDN Johar Barn 1 Jakarta Pnsat dan SD Islam Al Azhar, Kebayoran Barn, Jakarta Selatan). Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 12(3), 70–79. https://doi.org/10.33007/ska.v12i3.643

Abstract

Televisi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak. Namun interaksi anak dengan televisi telah menimbulkan berbagai dampak negatif pada anak. Dampak tersebut muncul karena tidak adanya peraturan yang jelas dan tegas mengenai pertelevisian, terutama yang berkaitan dengan anak, dan kurang dimilikinya sikap kritis anak dan keluarga dalam mengkonsumsi media. Akibatnya tentu tidak baik bagi anak, karena ia akan kehilangan waktu untuk bermain dengan teman-teman. Selain itu juga, anak akan meniru dan mengikuti apa yang dilihatnya dari televisi, walaupun ia tidak memahaminya. Atas dasar itulah penulis mengangkat masalah ini untuk dijadikan perhatian bagi perkembangan anak, khususnya
bagi perkembangan sosial anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola menonton televisi terhadap perilaku sosial anak. Metode yang digunakan adalah deskripif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa survey dan observasi.

Downloads

Download data is not yet available.