PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM PERSPEKTIF INDEKS KEPUASAN PUBLIK DI RIAU
Untitled (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Anto, A. (2018). PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM PERSPEKTIF INDEKS KEPUASAN PUBLIK DI RIAU. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 6(1), 90–109. https://doi.org/10.33007/ska.v6i1.330

Abstract

Program Corporate Social Reponsibility (CSR) merupakan salah satu kebutuhan dan di Indonesia merupakan suatu kewajiban dan ditetapkan melalui Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Dimana pada pasal 74 menjelaskan bahwa tanggung jawab sosial merupakan suatu kegiatan yang diwajibkan dan dilaksanakan berdasarkan pada kepatutan dan kewajaran sesuai dengan peraturan pemerintahan. Pelaksanaan tanggung jawab sosial dikenal dengan istilah CSR oleh perusahaan merupakan suatu bentuk komitmen perusahaan untuk membangun kualitas kehidupan yang lebih baik bersama stakeholders terkait, terutama masyarakat disekitar perusahaan tersebut berada. Karena peran CSR ternyata saat ini semakin penting bagi masyarakat di sekitar perusahaan dalam upaya menyeimbangkan pembangunan, baik ekonomi, sosial dan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan secara komprehensif mengenai implementasi dan prioritas program CSR di PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai dan PT. Cevron Pasific Indonesia (CPI) di Tapung, Minas dan Rumbai Provinsi Riau. Metode penelitian dilakukan dengan metode campuran (mixed methods) yaitu mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, in-dept interview dan observasi terhadap multistakeholders. Hasil penelitian yang ditemukan implementasi program CSR oleh PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai dan PT. Cevron Pasific Indonesia (CPI) di Provinsi Riau masih berjalan dengan kurang baik. Sedangkan prioritas program CSR yang dibutuhkan berdasarkan indeks kepuasan publik di PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai dan PT. Cevron Pasific Indonesia (CPI) di Tapung, Minas dan Rumbai Provinsi Riau adalah program yang berbasis pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Kata Kunci: pemberdayaan, program Corporate Social Reponsibility, indeks kepuasan publik.

 Corporate Social Reponsibility program (CSR) is seen as an urgent thing on social development. Its supported by regulation that stated in Act No. 40 year 2007 about Limited Company. In the article number 74 stated that social responsibility is one among activities that should be conducted by the companies. The companies should have committed for surround people quality of life, in terms of social and economic perspective. The sample of this research covers the implementation of the priority programmes and corporate social responsibility (CSR) PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai and PT. Cevron Pacific Indonesia (CPI) at Tapung, Minas and Rumbai Riau Province. Data has been collected by questionnaire, in-depth interview and observation. Results of the study found implementation of programs of corporate social responsibility by PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai and PT Cevron Pacific Indonesia (CPI) in Riau Province is still inadequate. The CSR program of the sample have been emphasized on social-economy empowerment.

Keywords: empowerment, Corporate Social Reponsibility program, public satisfaction index.

https://doi.org/10.33007/ska.v6i1.330
Untitled (Bahasa Indonesia)

References

Anggraini., 2006., Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan

Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa efek Jakarta)., Simposium Nasional Akuntansi Padang.

Arief, E., 2010., Implementasi Good Corporate Governance melalui Corporate social responsibility., Muh. http: // www.

kemitraan. or. Id / newsroom / medianews.

Creswell W. John., 2012., Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed., Pustaka Pelajar., Yogyakarta.

Djalil, S., 2003., Konteks Teoritis dan Praksis Corporate social responsibility., Jurnal Reformasi Ekonomi., LSPEU Indonesia, Volume 4 No. 1., Jakarta.

Gerard, F., 2003., Corporate social responsibility., tjsga/tlwnsiessay.

Hendrik., 2011., Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan Danau Pulau Besar dan Danau Bawah di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak Provinsi Riau., Volume 16 Nomor

, Jurnal Perikanan dan Kelautan Universitas Riau.

Imron HS, A., 2012., Strategi dan Usaha Peningkatan Kesejahteraan Hidup Nelayan Tanggulsari Manguharjo Tugu Semarang dalam Menghadapi Perubahan Iklim., Volume 6 Nomor 1., Jurnal Riptek.

Ismail, S., 2009., Corporate social responsibility: From Charity to Sustainability., Salemba Empat., Jakarta.

Kim K.S., 2000., Corporate social responsibility And Strategic Management: An Empirical Study of Korean MNCs in The United States. Unpublished Dissertation. West Heaven, Connecticut:

The University Of Heaven.

Mapisangka, A., 2009., Implementasi CSR Terhadap Kesejahteraan HidupMasyarakat., JESP Vol 1.

Mosher., 1987., Menggerakkan dan Membangun Pertanian., Yasaguna., Jakarta.

Partini., 2013., CSR dan Pemberdayaan Masyarakat (Studi Implementasi CSR–PTBA di Muara Enim Sumatera

Selatan)., Jurnal Manusia dan Lingkungan., Volume 20 Nomor 1.,

UGM.

Rahmayanti, DR., 2014., Impelementasi Corporate Social Responsibility dalamMembangun Reputasi Perusahaan.,

Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 11 Nomor 1., UNS.

Salsiyah, SM., 2010., Implementasi Program Corporate social responsibility Program Kemintraan dan Program

Bina Lingkungan, Jurnal Administrasi Bisnis., Politehnik Negeri Semarang.

Sigiharto, E; Salmani, & Indratno, B., 2013.,Studi Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan di Kampung Gurimbang

Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau., Volume 18 No.2., Jurnal

Ilmu Perikanan Tropis., Universitas Mulawarman.

Siregar NC., 2007., Analisis Sosiologis Terhadap Implementasi Corporate social responsibility Pada Masyarakat Indonesia., Jurnal Sosioteknologi Edisi 12 Tahun 6 Bulan Desember., ITB., Bandung.

Suharto, E., 2010., CSR & Comdev, Investasi Kreatif Perusahaan di Era Globalisasi., Alfabeta., Bandung.

Suryadarma, D; Akhmadi, Hastuti & Toyama, N., 2005., Ukuran Objektif Kesejahteraan Keluarga untuk Penargetan Kemiskinan: Hasil Uji Coba Pemantauan Kesejahteraan oleh

Indonesia., Lembaga Penelitian SMERU., Jakarta.

Steurer & Reinhard., 2010., The role of governments in corporate social responsibility: Characterising public policies on CSR in Europe., Institute of Forest, Environmental and Natural Resource Policy., BOKU-University of Natural Resources and Applied Life

Sciences, Vienna. Vol. 43 Issue 1.

Tashakkori, A & Teddlie, C., 2010., Handbook of Mixed Methods in Social & Behavioral Research., Pustaka Pelajar., Yogyakarta.

Tauginiene, L., 2010., Corporate social responsibility in the Research

Management., 16th EDAMBA Summer Academy.

Thiel, M., 2010., Innovation in Corporate social responsibility from Global Business Leaders at Panasonic., Thomson Reuters and Nanyang Business School., American Journal of Economics and Business Administration 2(2): 194-200.

Wahyudi I. & Azheri B., 2011., Corporate social responsibility: Prinsip, pengaturan dan implementasi., Setara Press., Surabaya.

Wijayanti, L & Ihsannudin., 2013., Strategi Peningkatan Kesejahteraan

Masyarakat Nelayan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.,

Velume 2 Nomor 2 Oktober., Jurnal Agriekonomika.

Wise, V & Muhammad, AM., 2009., Corporate Governanve and Corporate social responsibility in Bangladesh with Special Reference to Commercial Banks., Working Paper No. AIUB-BUS-ECON 05.

Yentifa, A & Handayani, D., 2008.,Implementasi Program “Corporate

social responsibility†(CSR) PT. Semen Padang., Jurnal Akuntansi &

Manajemen Vol 3 No. 2 Desember ISSN 1858-3687 hal 71-85., Padang

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2017 adi anto

Downloads

Download data is not yet available.