KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PENDIDIKAN PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KABUPATEN SIDOARJO
PDF

How to Cite

Kustanto, M. (2019). KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PENDIDIKAN PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KABUPATEN SIDOARJO. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 8(3), 267–286. https://doi.org/10.33007/ska.v8i3.1675

Abstract

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) memiliki kewajiban untuk mendorong dan memotivasi sang buah hati untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang yang ditentukan.  Pemahaman KPM PKH tentang pendidikan dengan demikian menarik untuk dikupas. Pemahaman tersebut berkontribusi terhadap salah tujuan utama PKH yaitu pemenuhan kebutuhan dasar di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui konstruksi sosial tentang pendidikan pada KPM PKH di Kabupaten Sidoarjo. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian dilakukan pada dua kecamatan di Kabupaten Sidoarjo yang memiliki karakteristik berbeda yaitu Kecamatan Sidoarjo dan Kecamatan Krembung. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan informan yang ditentukan secara snowball. Adapun data sekunder berupa dokumen terkait pelaksanaan PKH di Kabupaten Sidoarjo yang berasal dari TKPKD Kabupaten Sidoarjo, Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo dan UPPKH Kabupaten Sidoarjo. Analisa dilakukan dengan menggunakan teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger  dan Thomas Luckmann. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi tentang pendidikan pada KPM PKH terjadi dalam tiga momen yaitu eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Selanjutnya tidak terdapat perbedaan konstruksi sosial tentang pendidikan pada KPM PKH di Kecamatan Sidoarjo maupun Kecamatan Krembung. Konstruksi tentang pendidikan terbagi ke dalam empat kategori yaitu : pendidikan sebagai modal eksistensi sosial, pendidikan sebagai pemutus rantai kemiskinan, pendidikan sebagai modal mencari kerja, serta pendidikan sebagai warisan.
https://doi.org/10.33007/ska.v8i3.1675
PDF

References

Afifuddin, H., & Saebani, B. A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif (1 ed.). Bandung: CV Pustaka Setia.

Berger, P. L. (1991). Langit Suci : Agama Sebagai Realitas Sosial. Jakarta: LP3ES.

Berger, P. L., & Luckmann, T. (2013). Tafsir Sosial Atas Kenyataan : Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan (10 ed.). Jakarta: LP3ES.

Creswell, J. W. (2015b). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset : Memilih Di Antara Lima Pendekatan (4 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research (1 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irsalina, R. (2011). Program Keluarga Harapan: Studi Tentang Peran Program Keluarga Harapan Terhadap Pemberdayaan Rumah Tangga Sangat Miskin di Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Universitas Airlangga.

Kurniawan, D. A. (2015). Proses Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Keterampilan Oleh Dedy Arik Kurniawan Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan Dan Keluarga Berencana Dedy Arik Kurniawan. Publika, 3(4). Diambil dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/11652

Nainggolan, T. (2012). Program Keluarga Harapan di Indonesia : Dampak Pada Rumah Tangga Sangat Miskin di Tujuh Provinsi. (Juneman, Ed.). Jakarta: P3KS Press.

Noviandari, D., & Warsono. (2015). Konstruksi Masyarakat Dusun Pelas, Desa Lamongrejo, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan Tentang Pendidikan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 01(03), 210–225.

Nurhandoko. (2017, April). 700 Pelajar Peserta Program Keluarga Harapan Drop Out. Pikiran Rakyat. Diambil dari https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2017/04/14/700-pelajar-peserta-program-keluarga-harapan-drop-out-398990

Poerwandari, E. K. (2007). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia (2 ed.). Jakarta: LPSP3.

Putri, D. (2014). Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesehatan dan Pendidikan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Umbulharjo Kota Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.

Riyanto, G. (2009). Peter L Berger : Perspektif Metateori Pemikiran. Jakarta: LP3ES.

Samuel, H. (2012). Peter Berger : Sebuah Pengantar Ringkas. Depok: Kepik.

Sudah Terima PKH, Tiga Belas Siswa Penerima di Probolinggo Putus Sekolah. (2015, Juli 2). Bangsaonline.com. Diambil dari https://www.bangsaonline.com/berita/12347/sudah-terima-pkh-tiga-belas-siswa-penerima-di-probolinggo-putus-sekolah

Syamsir, N. (2014). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Bidang Pendidikan di Kecamatan Tamalate Kota Makasar. Universitas Hasanuddin.

Policy for Journals that offer open acces

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  • Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
  • Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal
  • Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
  •  

Downloads

Download data is not yet available.