About the Journal

Focus and Scope

Quantum adalah jurnal tentang isu-isu kesejahteraan sosial dan ilmu sosial secara umum yang diterbitkan oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional I Padang, yang berada dibawah naungan Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial Kementerian Sosial RI. Sejak 2008, Quantum dikhususkan sebagai sebuah jurnal ilmiah dengan ISSN Cetak: 1858- 2370. Terhitung sejak tanggal 25 Agustus 2021, Jurnal Quantum memperoleh ISSN Elektronik: 2807-4327 sebagaimana yang tertuang dalam surat keputusan penerbitan ISSN Elektronik No. 0005.28074327/K.4/SK.ISSN/2021.08 oleh Kepala Pusat Nasional ISSN dalam menindaklanjuti Surat Permohonan Kepala BBPPKS Padang terkait peningkatan kualitas publikasi Jurnal Quantum.

Jurnal Quantum terbit dua kali dalam setahun, yakni dalam semester I (Januari-Juni) dan semester II (Juli-Desember). Jurnal Quantum saat ini berbenah untuk persiapan menuju akreditasi. Tim Pengelola Jurnal Quantum menerima naskah yang berasal dari hasil penelitian, kajian teoretis/ konseptual, pengalaman praktik lapangan, ataupun tentang kediklatan di bidang kesejahteraan sosial. Bidang ini dapat berasal dari lingkup keilmuan atau profesi Pekerjaan Sosial, Kesejahteraan Sosial, Kebijakan Sosial, Penyuluhan Sosial, Psikologi, Konseling, Sosiologi, Antropologi, Komunikasi, Hukum, Pendidikan, Agama, dan disiplin ilmu lain yang relevan.

 

Peer Review Process

Every submitted paper will be reviewed by at least two peer-reviewers. Reviewers are unaware of the identity of reviewers (double-blind review method). Reviewing process will consider novelty, objectivity, methods, scientific impact, conclusion, and references. Reviewers' comments are then sent to the corresponding author for necessary actions and responses. The sugested dicision will be evaluated in an Editorial Board Meeting. Afterwards, the editor will send the final decision to the corresponding author.

_________________________________

Setiap artikel yang dikirimkan akan ditinjau oleh setidaknya dua mitra bestari. Masing-masing mitra bestari yang melakukan penelaahan artikel tidak saling mengetahui identitas satu sama lain (metode double-blind review). Proses penelaahan artikel akan mempertimbangkan kebaruan, objektivitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi. Komentar mitra bestari dalam proses penelaahan artikel kemudian dikirimkan kepada penulis terkait untuk segera tanggapi dan ditindaklanjuti. Keputusan yang diusulkan akan dievaluasi dalam Rapat Dewan Redaksi. Setelah itu, editor akan mengirimkan keputusan akhir kepada penulis yang bersangkutan.

 

Sponsors

Lima Atra Nagari Research and Development

 

Journal History

Jurnal Quantum diterbitkan sejak tahun 2007. Jurnal ini memuat tulisan tentang kesejahteraan sosial. Jurnal mengakomodir penulis-penulis untuk menuangkan hasil temuan atau pendapat tentang kesejahteraan sosial.