Peran Panti Asuhan Putri Aisiyah Muhammadiyah dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia Berkualitas
DOI:
https://doi.org/10.31105/mipks.v40i2.2291Keywords:
peran panti, pelayanan, sumber daya manusia berkualitasAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran Panti Asuhan Putri Aisiyah  dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi panti dalam melakukan pelayanan terhadap anak. Sumber data adalah orang-orang yang memahami dan berhubungan langsung dengan pelayanan di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA), yaitu dipilih beberapa orang yang berfungsi sebagai key informan yang terdiri dari pengurus panti dan pengasuh, sebanyak lima orang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, menggambarkan pelaksanaan pelayanan anak asuh. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa peran PSAA dalam menyiapkan SDM berkulitas cukup baik, terlihat dalam  pelaksanaan pelayanan di PSAA meliputi pembinaan fisik (pemberian makanan, pakaian, perawatan kesehatan), psikis pembinaan mental rohani (pemberian perhatian, kasih sayang, pendidikan agama dan budi pekerti, rekreasi), bimbingan sosial (kesempatan mengikuti kegiatan di sekolah, kebebasan memilih jurusan, mengikuti kegiatan waktu luang, kebebasan bergaul), dan pelayanan penunjang yang cukup baik (pembinaan intelektual, pelatihan keterampilan, dan pembinaan hidup mandiri). Kualitas sumber daya anak asuh cukup baik terlihat dalam  rutinitas melaksanakan ibadah, kepribadian melalui menghargai terhadap pendapat orang lain, kemandirian mengatasi kesulitan dalam belajar, percaya diri menyelesaikan pekerjaan, dan kejujuran dengan tidak mencontek terhadap pekerjaan orang lain. Faktor pendukung terhadap keberhasilan panti karena adanya semangat dari pengurus dan pengasuh mengantarkan anak asuh agar dapat hidup layak serta mandiri, kepedulian dan partisipasi dari pemerintah, lembaga sosial, dunia usaha, dan masyarakat. Faktor penghambat, terbatasnya tenaga pengasuh, daya tampung, dan pendanaan operasional panti. Disarankan agar panti dapat lebih mengoptimalkan pelayanan, melalui jejaring khususnya anak asuh yang berhasil,  pengasuh dan petugas panti. Pembimbing keterampilan perlu didukung oleh tenaga yang memiliki kualifikasi di bidangnya, jenis keterampilan disesuaikan dengan minat dan bakat anak asuh serta pasaran kerja.
References
Ali Bustam. 1982. Penelantaran dan Perlakuan Salah terhadap Anak. Seminar Nasional. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM
Eddy Hendarno.1985. Peranan Psikologi Pendidikan dan Psikometri dalam Menunjang Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM
Hurlock, EB. 1992. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Kartini Kartono. 1990. Psikologi Anak. Psikologi Perkembangan. Bandung: CV. Mandar Maju
Kelly (Kusumawati). 2005, Menghentikan Perilaku Buruk Anak, Jakarta: Buana Ilmu Populer
Khairudin. 1985. Sosiologi Keluarga, cetakan I. Yogyakarta: PT Nur Cahay.
Moh Soehadha. 2012. Metode Penelitian Sosial Kualitatif Untuk Studi Agama. Yogyakarta: SUKA Press UIN Sunan Kalijaga
Moleong. 2010. Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rusdakarya
Sumadi Suryabrata. 1982. Penelantaran dan Perlakuan Salah terhadap Anak. Seminar Nasional. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM dan BP3K Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Suradi. 2003. Penelitian Peningkatan Profesionalisasi Panti Sosial Asuhan Anak dalam Penanganan Anak Terlantar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Usaha Kesejahteraan Sosial Vol. 8 Nomor 04 Desember 2003
Syarif Muhidin. 1981. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS)
Tartono, ST. 2004. Kiat Mengelola Usia Senja. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama