Pemberdayaan Suku Kali Da'a

Authors

  • Irmawan Irmawan B2P3KS Yogyakarta, Jl. Kesejahteraan Sosial No. 1 Sonosewu Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31105/mipks.v41i2.2269

Keywords:

kat, pemberdayaan, suku kaili da’a

Abstract

Komunitas Adat Terpecil (KAT) merupakan salah satu masalah sosial di Indonesia yang perlu diberdayakan, agar dapat hidup sejahtera lahir dan batin. Penelitian tentang Pemberdayaan Suku Kaili Da’a bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil pemberdayaan Suku Kaili Da’a. Aspek yang diberdayakan adalah permukiman, pendidikan, kesehatan, kepercayaan dan agama. Lokasi penelitian di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah informan 10 orang yang dipilih secara purposive dari tokoh adat, tokoh agama, instansi yang menangani KAT serta warga KAT. Pengumpulan data menggunakan panduan wawancara, observasi, pemotretan, telaah dokumen dan internet. Analisis data menggunakan SWOT. Keberhasilan pemberdayaan Suku Kaili Da’a dipengaruhi oleh seorang tokoh agama yang berjuang dengan gigih untuk memberdayakan Suku Kaili Da’a dengan menerapkan metode dakwah dari Walisanga yang bersikap toleran terhadap budaya lokal dengan memperbaiki perumahan, pendidikan, kesehatan, dan agama. Kementerian Sosial diharapkan menerapkan model pemberdayaan KAT dengan memberikan fasilitas kepada para tokoh agama yang bersedia berjuang untuk menyejahterakan KAT.

References

Badan Pusat Statistik (2016) Kabupaten Sigi Dalam Angka.

Edi Suharto, Ph.D (2010). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. (Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial). Bandung. PT Refina Aditama.

Direktorat Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (2014), Data Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil Tahun 2015-2019. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan KAT, Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Kementerian Sosial RI.

Jhony Hadi Saputra, (2010). Mengungkap Perjalanan Sunan Kalijaga. Pustaka Media Press. Email: pustakamediaby@yahoo.com.

Moleong (2014), Metode Penelitian Kualitatif.Bandung Remaja Rosdakarya.

Anonym “Dampak Perubahan Sosial Budaya†dalam http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/1992756-dampak-perubahan-sosial-budaya/#ixzz1bCRgQoGU diakses pada tanggal 10 Oktober 2011

Anonym “Sosial Budaya Sulawesi Tengah†dalam http://www.google.co.id/sosial-budaya-Sulawesi-Tengah/ diakses pada tanggal 07 Oktober 2011

https://saripedia.wordpress.com/tag/partai-sarekat-islam-indonesia/.

Downloads

Published

2020-07-24