Internalisasi Nilai Kesetaraan Gender di Era Otonomi Daerah

Authors

  • Fatwa Nurul Hakim Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS)

DOI:

https://doi.org/10.31105/mipks.v43i3.2141

Keywords:

Internalisasi, kesetaraan gender, otonomi daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikana wawasan pentingnya kesetaraan gender untuk meminimalkan kasus-kasus diskriminatif kepada perempuan dan kekerasan kepada perempuan. Metode penelitian dengan quasi eksperimen berperspektif gender, merupakan sarana untuk menguji kelayakan pola inovasi nilai kesetaraan jender. Pengujian difokuskan pada upaya mencegah, tindak kekerasan terhadap perempuan dan melakukan perubahan sosial agar terwujudnya kesetaraan jender dalam keluarga, dari hasil penelitian terungkap pelaksanaan difusi dan inovasi, meningkatkan pemahaman dan pengetahuan, namun belum sepenuhnya mengubah sikap para responden, mengadopsi nilai-nilai egalitas gender dalam kehidupan keluarganya. Hal ini terjadi karena masih kentalnya budaya patriarkhi, belum berfungsinya peraturan pemerintah yang mengatur diberlakukannya UU Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga No 23 Tahun 2004.

References

Burhan, Bungin, 2006, Sosiologi Komunikasi Teori Paradigma dan diskursus Tekologi Komunikasi Masyarakat, Prenada Media Group, Jakarta

Hari Sabarno, 2007, Untaian Pemikiran Otonomi Daerah, Memandu Otonomi Daerah, Menjaga Kesatuan Bangsa, Sinar Grafika, Jakarta.

Hesti Wijaya, 1997, Penelitian Berperspektif Gender, Disampaikan dalam Sosialisasi Metodologi Penelitian Berperspektif Gender, Diselenggarakan Oleh PSW IKIP Yogyakarta, 6-7 September di Yogyakarta.

Mansour Fakih, 1997, Menggeser Konsepsi Gender dan Transformasi Sosial, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Muhadjir Darwin, 2001: Menggugat Budaya Patriarkhi, Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Peraturan Daerah Diskriminatif terhadap perempuan, Kompas, Rabu 24 Oktober 2012

Perempuan, Perda, dan Domestifikasi, Soelastri Soekirno dan Ninuk Pambudi, Kompas,Sabtu 4 Maret 2006

Robert L.Sutherland, Julian, Woodward dan Milton A.Maxwell, 1961, Introduction to Sociology, Chicago, New York .

Rochajat Harun, Ir,Med, Ph.D & Dr.ElvinaroArdianto,Drs,Msi, Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial, Perspektif Dominan, Kaji ulang, dan Teori Kritis, Rajawali pers, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rogers dan EM Shoemaker, 1995,Diffusion of Innovation, The Free Press Simmon and Schuster,inc, New York.

Siti Kusujiarti, 2003, Antara Ideologi dan Transkrip Tersembunyi Dinamika Hubungan Gender dalam Masyarakat Jawa, dalam Sangkan Paran Gender, Editor IrwanAbdullah, Pusat Penelitian Kependudukan (PPK) Universitas Gadjah MadaYogyakarta, dan Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Soetomo, 2011, Pemberdayaan Masyarakat, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Suranto AW, 2011, Komunikasi Interpersonal, Graha Ilmu Yogyakarta .

Jurnal

Abu Hanifah, Permasalahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Alternatif Pemecahannya, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial Vol 12, No .03. September – Desember 2007 , Badan Pendidikan Dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Departemen Sosial Republik Indonesia .Jakarta.

Budhi Santi , Kouta Perempuan Parlemen Jalan Menuju Kesetaraan Politik ,Jurnal Perempuan untuk pencerahan dan kesetaraan, Perempuan Dalam Kewarganegaraan, Di Mana ? Edisi 19, tahun 2001 Yayasan Jurnal Perempuan , Jakarta

Imam Cahyono , Wajah Kemiskinan , Wajah Perempuan ,Jurnal Perempuan untuk pencerahan dan kesetaraan , Mengurai Kemiskinan Dimana Perempuan ?, Edisi 42, tahun 2005, Yayasan Jurnal Perempuan , Jakarta .

Downloads

Published

2020-06-10