Kapabilitas Human Agency Istana Belajar Anak Banten (ISBANBAN) Foundation Dalam Menangani Permasalahan Pendidikan di Pedalaman Banten

Authors

  • Meilanny Budiarti Santoso Departemen Kesejahteraan Sosial; Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, Jawa Barat
  • R. Nunung Nurwati Departemen Kesejahteraan Sosial; Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, Jawa Barat
  • Azlinda Azman Social Work Programe; School of Social Science, University Sains Malaysia, Penang
  • Budhi Gunawan Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.33007/ska.v13i1.3366

Abstract

Kapabilitas human agency merupakan issue penting bagi pengembangan keilmuan dan praktik pekerjaan sosial, mengingat pekerjaan sosial merupakan profesi yang bersentuhan langsung dengan intervensi sosial dan salah satunya bertujuan untuk menangani permasalahan sosial ataupun memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan sebagai refleksi bagi pekerja sosial profesional berdasarkan praktik nyata penggunaan kapabilitas human agency dalam intervensi sosial sekaligus menunjukkan pentingnya pengarusutamaan konsepsi human agency dalam keilmuan pekerjaan sosial yang salah satunya berfokus pada upaya pengembangan keberfungsian sosial. Metode explanaroty dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis kapabilitas human agency Istana Belajar Anak Banten (ISBANBAN) Foundation dalam menangani permasalahan pendidikan di pedalaman Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi kapabilitas human agency merupakan komponen penting di antara berbagai komponen lainnya dalam menangani permasalahan yang terjadi dan kehadiran aktor dengan kapabilitas human agency tidak dapat dipisahkan dari kelompok ataupun organisasi sebagai wadah dalam melakukan program. Namun demikian, program dan kelompok ataupun organisasi dapat berjalan karena adanya eksistensi aktor dengan kapabilitas human agency yang berperan sebagai motor penggerak. Kolaborasi, networking dan partnership yang terjalin diantara berbagai pihak telah mendorong pelaksanaan program dengan baik dan berkelanjutan sekaligus sebagai infrastruktur dan fasilitasi yang mendukung program sebagai bentuk tindakan nyata (agentic action) yang mereka lakukan.

References

Alfaiz, A., & Yandri, H. (2015). Self-Concept And Self Efficacy As A Ground Points In A Social Activities (An Analysis Of Psychology Perspective: A Social Cognitive Theory). Jurnal Pelangi, 7(2), 200–211. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/jp.2015.v7i2.203

Barsky, A. E. (2010). Ethics and Values in Social Work. In Book. Oxford University Press, Inc. https://doi.org/10.18084/1084-7219.24.1.261

Cauce, A. M., & Gordon, E. W. (2018). Toward the measurement of human agency and the disposition to express it (2013).

Chirkov, V., Ryan, R. M., Kim, Y., & Kaplan, U. (2003). Differentiating Autonomy From Individualism and Independence: A Self-Determination Theory Perspective on Internalization of Cultural Orientations and Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology, 84(1), 97–110. https://doi.org/10.1037/0022-3514.84.1.97

Council, A., & Sowcik, M. (2020). Exploring the Development of Humble Leaders in the Context of Agriculture. Advancements in Agricultural Development, 1(3), 55–67.

https://doi.org/https://doi.org/10.37433/aad.v1i3.55

Deacon, A., & Mann, K. (1999). Agency, Modernity and Social Policy. Journal of Social Policy, 28(3), 413–435. https://doi.org/10.1017/S0047279499005644

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “What” and “Why” of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268.

Dörnyei, Z., Mac Intyre, P. D., & Henry, A. (2014). Motivational Dynamics in Language Learning. In Motivational Dynamics in Language Learning. https://doi.org/10.21832/9781783092574

Duan, W., Guan, Q., Sheng, J., & Qi, B. (2019). Initial Development of the Social Work Core Competency Inventory. British Journal of Social Work, 1–19. https://doi.org/10.1093/bjsw/bcz013

Florida, R. (2005). Cities and The Creative Class. Routledge.

Goh, E. C. (2015). Vulnerable Families as Active Agents of Their Own Change Process: A Bidirectional Perspective. Social Work, 60(2), 145–154. https://doi.org/10.1093/sw/swv002

Grillitsch, M., & Sotarauta, M. (2019). Trinity of Change Agency, Regional Development Paths and Opportunity Spaces. Progress in Human Geography, XX(X), 1–20.

https://doi.org/10.1177/0309132519853870

Huggins, R., & Thompson, P. (2019). Human Agency, Entrepreneurship and Regional Development: A Behavioural Perspective on Economic Evolution and Innovative Transformation. Entrepreneurship and Regional Development, 32(7–8), 573–589. https://doi.org/10.1080/08985626.2019.1687758

Liu, Y., & Huang, X. (2021). Effects of Basic Psychological Needs on Resilience: A Human Agency Model. In Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.700035

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (20189). Qualittaive data analysis. In News.Ge (p. https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava).

Parsell, C., Eggins, E., & Marston, G. (2017). Human Agency and Social Work Research: A Systematic Search and Synthesis of Social Work Literature. British Journal OfSocial Work, 47, 238–255. https://doi.org/10.1093/bjsw/bcv145

Reisch, M., & Jani, J. S. (2012). The new politics of social work practice: Understanding context to promote change. The British Journal of Social Work. https://academic.oup.com/bjsw/article-abstract/42/6/1132/1629372

Salleby, D. (1996). The strengths perspective in social work practice. Social Work (United States), 41(2), 296–305. https://doi.org/10.1093/sw/40.2.280

Vansteenkiste, M., Ryan, R. M., & Soenens, B. (2020). Basic Psychological Need Theory: Advancements, Critical Themes, and Future Directions. In Motivation and Emotion. Springer US. https://doi.org/10.1007/s11031-019-09818-1

Downloads

Published

2024-02-08

How to Cite

Santoso, M. B. ., Nurwati , R. N. ., Azman, A. ., & Gunawan, B. . (2024). Kapabilitas Human Agency Istana Belajar Anak Banten (ISBANBAN) Foundation Dalam Menangani Permasalahan Pendidikan di Pedalaman Banten. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 13(1). https://doi.org/10.33007/ska.v13i1.3366