Perlindungan Kerja Bagi Pekerja Lanjut Usia di Daerah Pedesaan: Analisis Situasi dan Kebijakan di Provinsi Yogyakarta

Authors

  • Aryan Torrido Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muh. Ulil Abshor Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Khatibul Umam Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33007/ska.v12i3.3351

Keywords:

perlindungan sosial, lanjut usia bekerja, kesehatan dan keselamatan kerja

Abstract

Hanya sedikit penelitian yang memberikan perhatian pada kondisi kerja, perilaku ekonomi lansia, bahaya dan risiko kerja, serta perluasan akses terhadap perlindungan sosial di tempat kerja. Studi ini merupakan upaya untuk menganalisis kondisi kerja, perilaku ekonomi lansia, bahaya dan risiko kerja serta perluasan akses terhadap perlindungan sosial di tempat kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggabungkan observasi dan wawancara mendalam terhadap 22 informan yang berasal dari kalangan lanjut usia, tokoh masyarakat, dan pejabat pemerintah. Studi ini menemukan bahwa lansia yang bekerja di pedesaan menggabungkan pertanian dan peternakan. Alasan bekerja bervariasi berdasarkan kelas sosial dimana alasan bekerja bagi lansia dari keluarga berada lebih cenderung karena alasan sosiologis sedangkan alasan bekerja bagi lansia dari keluarga berpendapatan rendah lebih cenderung karena alasan ekonomi. Paper ini juga menemukan bahwa berbagai bahaya yang berhubungan dengan pekerjaan termasuk banyak pekerjaan yang menuntut fisik dan melelahkan, paparan bahan kimia, penggunaan alat pemotong yang tajam, mengangkat beban berat, berjalan jauh, jam kerja yang panjang dan binatang yang berbahaya. Sayangnya, para lansia tidak dilindungi oleh standar perlindungan sosial di tempat kerja mereka. Ada kebutuhan untuk mengembangkan kebijakan mengenai lingkungan kerja yang ramah bagi orang lanjut usia.

References

Adioetomo, S. M., & Mujahid, G. (2014). Indonesia on the threshold of population ageing. Indonesia: United Nations Population Fund (UNFPA).

Arifin, E. N., & Ananta, A. (2016). The past three population censuses: A deepening ageing population in Indonesia. In Contemporary Demographic Transformations in China, India and Indonesia. Springer, 309-323.

Babbie, E. R. (2015). The practice of social research: Nelson Education.

Bengtsson, T. (2010). Population ageing-a threat to the welfare state?: the case of Sweden: Springer Science & Business Media.

BPS. (2020). Statistik Penduduk Lanjut usia. Jakarta: BPS

Chiu, E. (2008). Ageing in Asia. Ageing International, 32(4), 257-257.

De Vaus, D. A. (2002). Social surveys (Vol. 2): Sage.

Douglas, E. (2002). Qualitative analysis: practice and innovation: Taylor & Francis

Drummond, M. J. (2005). Men’s bodies: Listening to the voices of young gay men. Men and masculinities, 7(3), 270-290.

Gavrilov, L. A., & Heuveline, P. (2003). Aging of population. The encyclopedia of population, 1, 32-37.

Grbich, C. (2012). Qualitative data analysis: An introduction: Sage.

Gruescu, S. (2007). Population ageing and economic growth: education policy and family policy in a model of endogenous growth: Springer Science & Business Media.

Henn, M., Weinstein, M., & Foard, N. (2005). A short introduction to social research: Sage.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Torrido, A. ., Abshor, M. U. ., & Umam, K. . (2023). Perlindungan Kerja Bagi Pekerja Lanjut Usia di Daerah Pedesaan: Analisis Situasi dan Kebijakan di Provinsi Yogyakarta. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 12(3). https://doi.org/10.33007/ska.v12i3.3351