Penanganan Dampak Sosial dan Ekonomi Pandemi Covid 19 Melalui Pendekatan Kewirausahaan Sosial Studi: Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM)

Main Article Content

Aryan Torrido

Abstract

Pandemi Covid 19 yang terjadi pada Tahun 2020 menciptakan krisis ekonomi yang berbeda, dampak permasalahan yang dimunculkan lebih kompleks dikarenakan terjadi pada semua negara dalam satu waktu menyelesaikan penyebab dan dampak. Artikel ini berusaha memberikan gambaran mengenai dampak sosial dan ekonomi pandemi Covid 19 dan memberikan alternatif strategi penanggulang dengan pendekatan kewirausahaan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, melakukan kajian terhadap tulisan-tulisan yang berhubungan dengan tujuan penulisan artikel. Hasilnya, pandemi Covid 19 memberikan dampak negatif memperburuk kondisi ekonomi Negara Indonesia dan meningkatkan kemiskinan baru, namun disisi lain terdapat dampak positif yakni meningkatnya kesalehan sosial masyarakat Indonesia serta terdapat beberapa bisnis yang meraup keuntungan besar selama pandemi Covid 19. Maka perlu mempertimbangkan model strategi penanggulangan yang dapat mengkolaborasi pasar, negara, dan aultrisme yang mana ditawarkan dalam artikel ini sebuah model penanggulangan berbasis kewirausahaan sosial. Kesimpulannya perlu pengkondisian lembaga-lembaga pemberdayaan sebagai social enterprise, agar dapat menjaga keberlanjutan program sosial dan fundraising. 

Article Details

How to Cite
Torrido, A. (2021). Penanganan Dampak Sosial dan Ekonomi Pandemi Covid 19 Melalui Pendekatan Kewirausahaan Sosial Studi: Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 20(1), 77–90. https://doi.org/10.31105/jpks.v20i1.2464
Section
Articles