DAMPAK SOSIAL BUDAYA TAYANGAN IKLAN KOSMETIKA PADA MEDIA TELEVISI YANG BIAS GENDER

Main Article Content

Yanuar Farida Wismayanti

Abstract

Televisi adalah salah satu media publik yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Namun demikian, hal ini juga membawa dampak dalam kehidupan manusia, dimana media informasi ini menyebar dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Beberapa tayangan telivisi, melalui iklannya menyajikan beberapa informasi yang berkiatan dengan berita tertentu, pendidikan maupun tayangan yang bersigat hiburan. Televisi mempunyai kelebihan untuk menyajikan siaran secara langsung (live broadcasting) yang dapat mencapai pemirsanya ke seluruh pelosok negeri, bahkan televisi dapat memungkinkan terjadinya diskusi secara langsung, serta mempengaruhi kehidupan sosial dan budaya termasuk segala sesuatu yang berhubungan dengan komersialisasi, budaya konsumtif, kemewahan serta pujian atas kecantikan, kemewahan karena daya tarik iklan yang ditawarkan kepada pemirsa. Untuk itu kita harus mempunyai startegi yang tepat untuk mengurangi dampak negatif dari aspek sosial budaya yang mempengaruhi masyarakat.

Article Details

How to Cite
Wismayanti, Y. F. (2011). DAMPAK SOSIAL BUDAYA TAYANGAN IKLAN KOSMETIKA PADA MEDIA TELEVISI YANG BIAS GENDER. Sosio Informa : Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 16(2). https://doi.org/10.33007/inf.v16i2.961
Section
Articles

References

Adian, Donny, 2002. "Foucoult dan Moral ; Kembalinya Moral melalui Seks", Basis No. 11-12 tahun ke-52, November-Desember, hal

Ahmed, Akbar S, 1993. Posmodernisme: Bahaya dan Harapan Bagi Islam. Bandung: Mizan

Arivia, Gadis, 2006, Feminsime ; Sebuah Kata Hati, Jakarta: Penerbit Buku Kompas

Amirudin, Mariana, 2010. "Mitos Kecantikan di Media (Sebuah Kritik Feminisme)", dalam Jurnal Perempuan, Edisi 67, hal

Barker, Chris, 2009. Cultural Studeis ; Teori dan Praktek, Yogyakarta :Kreasi Wacana

Baudrillard, Jean P, 2009. Masyarakat Konsumsi (terjemahan Wahyunto). Yogyakarta : Kreasi Wacana

Charles, Nickie, 2000. Feminism, the State, and Social Policy. Palgrave Macmillan

Cecilia, Finstad, 2008. Tubuhku Bukan Milikku ; Prostitusi, Uangdan Cinta,Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Haryatmoko, 2002. "Foucault dan Kekuasaan; Kekuasaan Melahirkan Anti­ Kekuasaan",dalam Basis, No. 11-12 tahun ke-52, November-Desember , hal

Hatib, Abdul Kadir, 2007. Tangan Kuasa dalam Kelamin, Yogyakarta : Insist Press

Widyatama, Rendra, 2006. Bias Gender dalam Iklan Televisi, Yogyakarta : Media Pressindo

Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran