PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Main Article Content

Mochmmad Syawie

Abstract

Dalam teori ekonomi terdapat model pertumbuhan yangmemprediksikan perubahanekonomi atas dasar variable-variabel ekonomi seperti tingkat tabungan dan investasi, penawaran tenaga kerja, kemajuan tehnologi produksi,dan perdagangan atau ekspor.

Pertumbuhan ekonomi adalah hasil atau akibat dari perubahan-perubahan formasi  permodalan, input tenaga kerja,dan berbagai unsur lain yang menyangkut perubahan produktifitas. Bila konsep pertumbuhan ekonomi dipandang dari sudut yang lebih luas,faktor-faktor lainnya aka terangkum seperti variable-variabel sosial yang mengukur struktur industri,perubahan populasi dan kesempatan pendidikan.

Pembangunan kesejahteraan sosial dapat dipahami melalui pendekatan teoritis-konseptual maupun yuridis-kontekstual. Secara konseptual, pembangunan kesejahteraan sosial berakarkan pembangunan sosial dan berpusatkan pada rakyat. Dalam konteks Pembangunan Nasional,pembangunan kesejahteraan sosial merupakan bagian integral daripembangunankesejahteraan rakyat. Pembangunan kesejahteraan rakyat selaras dengan konsepsi pembangunan sosial, yang dalam literature mencakup pembangunan di bidang kesehatan,pendidikan dan perumahan. Oleh karena itu, di Indonesia pembangunan kesejahteraan sosial memiliki akar baik secara teoritis-konseptual, yaitu pembangunan sosial berpusatkan pada rakyat,maupun yuridis-kontekstual yaitu pembangunan kesejahteraan rakyat. Politik ekonomi untuk kesejahteraan rakyat mendapat ujian cukup serius pada saat ini ketika pertumbuhan ekonomi dinilai berhasil, tetapi kesejahteraan untuk rakyat bawah dipertanyakan.

Kata kunci: pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan  masyarakat

Article Details

How to Cite
Syawie, M. (2011). PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Sosio Informa : Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 16(2). https://doi.org/10.33007/inf.v16i2.958
Section
Articles

References

Amich Alhumani, 2007. Mitos Demokrasi untuk Kesejahtreraan, dalam Kompas, tanggal 27 Desember.

Andi Seruji, 2011. "Kolom Ekonomi Politik Orang Miskin," dalam Kompas, tanggal 29 Januari.

Didik Rachbini, 2010, Kemiskinan dan Politik Ekonomi, dalam Media Indonesia, tanggal 12 Januari.

Justika S.Baharsyah, 1999.Menuju Masyarakat Berketahanan Sosial Pelajaran Dari Krisis. Jakarta: Departemen Sosial.

Lipset SM, 1991. "Pembangunan Ekonomi dan Demokrasi," dalam Arus Pemikiran Ekonomi Politik (Amir Effendi, Ed), 1991. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Mancur Olson. Jr, 1991. "Pertumbuhan Cepat Sebagai Kekuatan Destabilisasi", dalam Arus Pemikiran Ekonomi Politik, Amir Effendi Siregar, Ed, 1991. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Jan-Eric Lane dan Svante Ersson, 1994. Ekonomi Politik Komparatif, Jakarta: Raja Grasindo Prasada.

Saifur Rohman, 2011. Memaknai Ekonomi Tiwul, dalam Kompas, tanggal 8 Januari.

Sayidiman Suryohadiprojo, 2011. Kesenjangan adalah Kerawanan, dalam Kompas, tanggal 8 Januari.