INTENSI PROSOSIAL PADA REMAJA DI PERMUKIMAN PADAT - Analisis Berdasarkan Konsep Kepadatan Dan Kesesakan

Main Article Content

Bambang Pudjianto

Abstract

Jumlah penduduk yang besar memaksa lokasi-lokasi perumahan menjadi berdesak-desakan dan daerah permukiman pun dirasakan semakin sempit. Rumah, yang merupakan lingkungan yang dibuat manusia hanya dapat dipandang sebagai struktur fisik saja (house) tidak dirasakan sebagai suatu fenomena yang bersifat psikologis (home). Keadaan di dalam rumah diwarnai dengan suasana yang sesak dan padat sehingga merupakan faktor penunjang yang kuat untuk munculnya bermacam aktivitas sosial yang negatif.

Perkembangan kemampuan sosial seseorang terjadi pada masa remaja dan perilaku prososial sangat penting artinya bagi kesiapan remaja dalam mengarungi kehidupan sosialnya, karena dengan kemampuan prososial ini seseorang akan lebih diterima dalam pergaulan dan akan dirasakan berarti kehadirannya bagi orang lain.

Remaja akan selalu menerima nilai·nilai dan norma-norma dari lingkungannya yang dinternalisasi menjadi nilai-nilai dan norma-norma dalam dirinya, semuanya itu akan menentukan dirinya menjadi orang prososial atau tidak.

Article Details

How to Cite
Pudjianto, B. (2016). INTENSI PROSOSIAL PADA REMAJA DI PERMUKIMAN PADAT - Analisis Berdasarkan Konsep Kepadatan Dan Kesesakan. Sosio Informa : Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 7(2). https://doi.org/10.33007/inf.v7i2.910
Section
Articles