HUBUNGAN MAYORITA5-MINORITAS - STUDI KASUS PENDATANG SUKU BANGSA MADURA DI SURAKARTA

Main Article Content

Achmadi Jayaputra

Abstract

Masyarakat Indonesia yang majemuk ditandai dengan berbagai suku bangsa yang mendiami wilayah Republik Indonesia. Diantaranya ada beberapa suku bangsa dengan jumlah yang cukup banyak seperti suku bangsa Jawa. Suku bangsa ini merupakan mayoritas karena jumlahnya lebih banyak dari suku bangsa lain, khusus dalam kasus ini di Surakarta. Di kota tersebut ternyata ada suku bangsa lain yang jumlahnya lebih sedikit tetapi memiliki ciri khas. Salah satunya suku bangsa Madura, mereka dianggap sebagai minoritas.

Sementara ada anggapan bahwa suku bangsa yang mayoritas dapat mempengaruhi suku bangsa yang minoritas, sehingga memberi ciri khas. Ternyata, berdasarkan pengamatan dan studi kepustakaan suku bangsa Madura tetap mempertahankan ciri khasnya meskipun mereka berada di tengah masyarakat dan kebudayaan Jawa. Hanya saja dalam keadaan tertentu, suku bangsa mengambil sedikit unsur kebudayaan Jawa.

Article Details

How to Cite
Jayaputra, A. (2016). HUBUNGAN MAYORITA5-MINORITAS - STUDI KASUS PENDATANG SUKU BANGSA MADURA DI SURAKARTA. Sosio Informa : Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 7(1). https://doi.org/10.33007/inf.v7i1.897
Section
Articles