KONSELING VIRTUAL PEKERJA SOSIAL DAN RESILIENSI TENAGA MEDIS

Main Article Content

Uut Hanafi Rochman
Puspitasari Nurul
Sugeng Ahmad Riyadi

Abstract

Pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan manusia, mulai dari aspek biologis, psikologis, sosial, dan finansial. Dampak tersebut bukan hanya dirasakan pada masyarakat umum saja, namun terlebih lagi pada tenaga medis. Diiringi lonjakan kasus positif pasien Covid-19 yang tinggi menyebabkan kegiatan pelayanan tenaga medis yang tidak kunjung usai, sehingga akhirnya menjadikan stressor tersendiri. Resiliensi merupakan suatu kapasitas yang dimiliki oleh seseorang untuk merespon kesulitan hidup atau trauma yang dialami dengan cara yang sehat dan produktif. Peranan pekerja sosial dalam memberikan pendampingan psikososial merupakan upaya dalam memperkuat resiliensi tenaga medis tersebut. Konseling virtual dapat memberikan alternatif pemecahan masalah terhadap tekanan keseharian yang dialami oleh tenaga kesehatan di masa pandemi. Pembatasan kontak fisik dalam mencegah penularan virus telah mendorong wujudnya model konseling virtual yang dilakukan oleh pekerja sosial. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa konseling virtual pekerja sosial memberikan alternatif pemecahan masalah terhadap tenaga kesehatan dalam menghadapi berbagai permasalahan yang menghambat keberfungsiannya dalam dunia kerja.

Article Details

How to Cite
Rochman, U. H., Nurul, P., & Riyadi, S. A. . (2022). KONSELING VIRTUAL PEKERJA SOSIAL DAN RESILIENSI TENAGA MEDIS. Sosio Informa : Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 7(3). https://doi.org/10.33007/inf.v7i3.2877
Section
Articles

References

Ardi, Z., dan Ifdil, I. (2013). Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk pelayanan E- Konseling. Jurnal Konseling Pendidikan, vol.1(no.1), 15-21.

Bielicki, J. A. X. D., dkk.(2020).www.thelancet.com/infection Published online July.

Chandra, A., dkk. (2012). Pengembangan Model; Pelatihan Resiliensi bagi perempuan Korban KDRT. USU Press.

Hasan, B, (2019), Konseling Cyber: Sebuah Model Konseling Pada Konteks Masyarakat Berbasis Online, IAIN Kudus Jawa Tengah

Miiller, . (2006). Counselling Skills For Social Work. London: SAGE Publications.

Nainggolan, M.. (2020). Penyediaan Layanan Dukungan Psikososial Dalam Merespon Covid-19 Konseling Online.

Nasution, S. M. dkk. (2020). Dynamics of Resilience on Women as Intimate Partner Violence Survivors. Journal of Educational and Social Research.

Nasution, S. M. (2011). Resiliensi: Daya Pegas Menghadapi Trauma Kehidupan. Medan: USU Press.

Noval, R. dkk, (2017), Aplikasi E-Counseling Dalam Pemanfaatan Layanan, Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengatasi Siswa, Terisolir Menggunakan Metode, Backward Chaining (Studi Kasus : Di Smp Negeri 2 Bangil), Jurnal Link Vol 6 : STIMIK.

Pappa, S. J. B., dkk. (2020). International Journal of Environmental Research and Public Health, 2021.

Payne, M. (2016). Teori Pekerjaan Sosial Modern Edisi Ke 4. Building Professional Social Work Indonesia.

Prabowo, Y. D. (2011). Organisasi Virtual, Dari Makna Leksikal Hingga Implementasi. Kalbis Scientia Jurnal Sains dan Teknologi.

Que, J., Le Shi, Jiahui Deng, dkk. (2020) Psychological Impact of the COVID-19 Pandemic on Healthcare Workers: A Cross-sectional Study in China,. General Psychiatry.

Reivich, K & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor;7 Essential Skill For Overcoming Life’s Inevitable Obstacle. New York, Broadway Books.

Samuel, T. G. , (2012) Konseling profesi Menyeluruh (ed 6), PT Indeks Jakarta

Seden, J (2005). Counselling Skills In Social Work Practice Maidenhead: Open University Press.

Sumner1, R.C. dkk. (2020). Frontiers in Psychology.

Tripodi, V. E. T., & Epstein, I. (2007). Research Technique for Spirituality Abstract. Psychotherapy;Theory, Research, Practice, Training Abstracs, 38, 473.

Tsamakis, Konstantinos, Emmanouil Rizos, Dkk. (2020) experimental And Therapeutic Medicine 19: 3451-3453.

Tungga, Y. dkk. (2013). Terapi Psikososial Suatu Pengantar..STKS EXPRESS. Bandung.

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan.

Uut Hanafi Rochman dkk. (2021) Model Konseling Virtual Sebagai Upaya Peningkatan Resiliensi Tenaga Medis Dalam Tekanan Keseharian di Wisma Atlet

Widuri, Erlina Listyanti dkk.(2012). Regulasi Emosi dan Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Humanitas.