SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DAN CREATING SHARED VALUE UNTUK PEMBERDAYAAN PETERNAK SAPI PERAH

Main Article Content

Monika Teguh
Sri Nathasya Br Sitepu
Wiwiek Wiwiek
Priscylia Tanaka

Abstract

Peternakan sapi merupakan salah satu sub-sektor yang berperan penting bagi masyarakat Indonesia. Selain karena usaha peternakan sapi mendorong perekonomian masyarakat di wilayah-wilayah pedesaan, peternakan sapi juga penting dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Sayangnya masih banyak peternak sapi rakyat yang hidupnya pra-sejahtera. Maka dari itu diusung dua buah konsep yang saling berkesinambungan untuk mengatasi permasalahan para peternak sapi rakyat. Konsep pertama adalah social entrepreneurship di mana para peternak dapat membentuk suatu social entreprise bersama untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar. Dengan konsep ini, para peternak rakyat dapat menyatukan sumber daya yang mereka miliki dalam satu organisasi yang terstruktur dan memiliki legalitas yang lebih kuat. Jika dalam membentuk social entreprise ini para peternak mengalami kesulitan modal, maka mereka dapat menggunakan konsep kedua yaitu creating shared value (CSV). CSV merupakan konsep di mana perusahaan yang bermodal kuat bergandengan dengan social entreprise, bukan hanya untuk mendukung social entreprise itu, namun juga untuk berbagi nilai yang saling menguntungkan. Dengan adanya kerjasama jenis ini, social entreprise dapat berkembang tanpa takut kekurangan modal, sedangkan perusahaan pemodal bisa memperoleh keuntungan seperti pasokan bahan baku, pembagian keuntungan, maupun peluang usaha baru. Konsep seperti ini telah dilaksanakan di negara berkembang lain, salah satunya India, dan memberikan dampak positif. Maka dari itu diharapkan konsep-konsep ini juga dapat dijalankan di berbagai wilayah di Indonesia dengan dorongan dari pemerintah, institusi pendidikan, maupun organisasi nirlaba.

Article Details

Section
Articles

References

Aakhus, M., & Bzdak, M. (2012). Revisiting the Role of Shared Value in the Business-Society Relationship. Business and Professional Ethics Journal, 31(2), 231–246. https://doi.org/10.5840/bpej201231211

Agusta, Q. T. M., Lestari, D. A. H., & Situmorang, S. (2014). Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Peternak Sapi Perah Anggota Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 2(2), 109–117. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v2i2.109-117

Amam, Roni, Y., Wildan, J., & Pradiptya, A. (2019). Kekuatan Sumber Daya (Ekonomi, Lingkungan dan Sosial) dan Pengaruhnya terhadap SDM Peternak dan Kelembagaan Peternak Sapi Perah. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan Dan Veteriner 2019, 225–235. https://doi.org/10.14334/pros.semnas.tpv-2019-p.225-235

Aprianto, N. E. K. (2017). Kemiskinan Dalam Perspektif Ekonomi Politik Islam. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 169–188.

Arifin, J. (2020). Budaya Kemiskinan Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Indonesia. Sosio Informa, 6(2), 114–132.

Bernardino, S., Santos, J. F., & Ribeiro, J. C. (2018). Social Entrepreneur and Gender: What’s Personality Got to Do with It? International Journal of Gender and Entrepreneurship, 10(1), 61–82. https://doi.org/10.1108/IJGE-07-2017-0040

Borman, R. I., Priandika, T. A., & Edison, A. R. (2020). Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 8(3), 272–277. https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.40273

de Lange, D., & Dodds, R. (2017). Increasing Sustainable Tourism through Social Entrepreneurship. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 29(7), 1977–2002. https://doi.org/10.1108/IJCHM-02-2016-0096

Ebrashi, R. El. (2013). Social Entrepreneurship Theory and Sustainable Social Impact. Social Responsibility Journal, 9(2), 188–209. https://doi.org/10.1108/SRJ-07-2011-0013

Garcia-Gonzalez, A., & Ramirez-Montoya, M. S. (2021). Social entrepreneurship education: changemaker training at the university. Higher Education, Skills and Work-Based Learning. https://doi.org/10.1108/HESWBL-01-2021-0009

Guerrero, M., Santamaria-Velasco, C. A., & Mahto, R. (2021). Intermediaries and Social Entrepreneurship Identity: Implications for Business Model Innovation. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 27(2), 520–546. https://doi.org/10.1108/IJEBR-10-2020-0679

Kadim, A., Sunardi, N., Lesmana, R., & Sutarman, A. (2019). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penguatan Manajemen Peternak Sapi Rakyat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1), 10–20.

Krisna. (2016). Upaya Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sosio Informa, 2(2), 137–154.

Kurniawan, A. R., Suganda, D., & Hadian, S. D. (2019). Model Desa Pariwisata Berbasis Peternakan Sapi Perah Di Desa Margamekar, Pangalengan. Tornare - Journal of Sustainable Tourism Research, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24198/tornare.v1i1.24888

Lapina, I., Borkus, I., & Starineca, O. (2012). Corporate Social Responsibility and Creating Shared Value: Case of Latvia. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 6(8), 228–2234. https://doi.org/10.1007/978-3-319-69892-2_181-1

Moon, H., Parc, J., Yim, S. H., & Park, N. (2011). An Extension of Porter and Kramer’s Creating Shared Value (CSV): Reorienting Strategies and Seeking International Cooperation. Journal of International and Area Studies, 18(2), 49–64.

Mulatmi, S. N. W., Guntoro, B., Widyobroto, B. P., Nurtini, S., & Pertiwiningrum, A. (2016). Strategi Peningkatan Adopsi Inovasi pada Peternakan Sapi Perah Rakyat di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Buletin Peternakan, 40(3), 219–227. https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v40i3.12470

Nurlina, L., & Maryati, M. (2011). Perilaku Peternak Sapi Perah Dalam Memanfaatkan Teknologi Gas Bio ( The Behavior of Dairy Farmer to Utilize Bio Gas Technology ). Jurnal Ilmu Ternak, 11(1), 57–60.

Nurtini, S., & UM, M. A. (2014). Profil Peternakan Sapi Perah Rakyat di Indonesia. Gadjah Mada University Press.

Pamela, P., Pambudy, R., & Winandi, R. (2016). Kompetensi Kewirausahaan dengan Keberhasilan Usaha Peternak Sapi Perah Pujon, Malang. Jurnal Agribisnis Indonesia, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.29244/jai.2016.4.1.57-66

Parenson, T. (2011). The Criteria for A Solid Impact Evaluation in Social Entrepreneurship. Society and Business Review, 6(1), 39–48. https://doi.org/10.1108/17465681111105823

Pfitzer, M., Bockstette, V., & Stamp, M. (2013). Innovating for Shared Value. In Harvard Business Review: Vol. September. https://hbr.org/2013/09/innovating-for-shared-value

Pham, T. H., & Riedel, J. (2019). Impacts of the Sectoral Composition of Growth on Poverty Reduction in Vietnam. Journal of Economics and Development, 21(2), 213–222. https://doi.org/10.1108/jed-10-2019-0046

Porter, M. E., & Kramer, M. R. (2011). Creating Shared Value. In Harvard Business Review. http://www.hks.harvard.edu/m-rcbg/fellows/N_Lovegrove_Study_Group/Session_1/Michael_Porter_Creating_Shared_Value.pdf

Sitepu, S. N. B., & Utami, C. W. (2019). Pemberdayaan Perempuan Dalam Pengelolaan Usaha Mikro Melalui Program Entrepreneurship Sebagai Pengerak Ekonomi Desa. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Senapenmas 2018, 347–356.

Weis, M. (2016). Business Models and Business Model Innovation in Social Entrepreneurship - Evidence from Germany and South Africa (Issue June).