PERILAKU KOMUNIKASI DI SEKOLAH RAMAH ANAK KOTA MAGELANG

Main Article Content

Hindina Maulida
R. Yogie Prawira W.

Abstract

Pemerintah melalui program sekolah ramah anak berupaya untuk melindungi anak dari perundungan di sekolah. Hal ini mengingat kasus perundungan di sekolah masih menjadi masalah yang serius. Perundungan merupakan salah satu sisi gelap dalam komunikasi antarpribadi. Di sisi lain, lingkungan dan budaya sekolah berkontribusi pada perilaku komunikasi individu. Dengan menggunakan literature review dari hasil penelitian, jurnal ilmiah, buku, maupun dokumen yang relevan, kajian ini dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran mengenai perilaku komunikasi di sekolah ramah anak. Berdasarkan hasil kajian pustaka ditemukan bahwa: 1) bentuk perilaku komunikasi anak di Sekolah Ramah Anak adalah perilaku komunikasi verbal dan non-verbal, 2) perilaku komunikasi anak dengan guru bersifat positif, sedangkan dengan teman sebaya ada yang positif dan negatif, 3) perilaku komunikasi anak dengan guru tertutup sedangkan dengan teman sebaya bersifat terbuka. Kajian ini merekomendasikan agar dalam pelaksanaan Sekolah Ramah Anak keluarga dilibatkan secara aktif mengingat keluarga menjadi fondasi dalam membentuk perilaku anak. Guna memperkuat perilaku komunikasi positif anak di sekolah ramah anak, program Sekolah Ramah Anak seyogyanya diintegrasikan dengan program Kampung Ramah Anak, Rukun Warga Ramah Anak, dan program serupa lainnya. Tujuannya adalah untuk membuat perilaku komunikasi positif anak dapat terinternalisasi dan terwujud baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Hal ini juga sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan anak agar memperoleh perlindungan dan dapat berkembang secara optimal.

Article Details

How to Cite
Maulida, H., & Prawira W., R. Y. (2020). PERILAKU KOMUNIKASI DI SEKOLAH RAMAH ANAK KOTA MAGELANG. Sosio Informa : Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 6(3), 239–251. https://doi.org/10.33007/inf.v6i3.2371
Section
Articles
Author Biography

Hindina Maulida, Universitas Tidar

Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar

References

Dobrescu, T., & Lupu, G. S. (2015). The Role of Nonverbal Communication in the Teacher-pupil Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 543–548. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.157

Dupper, D. R. (2013). School Bullying: New Perspectives on a Growing Problem. USA: Oxford University Press.

Engels, N., Aelterman, A., Van Petegem, K., & Schepens, A. (2004). Factors which influence the well-being of pupils in Flemish secondary schools. Educational Studies, 30(2), 127–143. https://doi.org/10.1080/0305569032000159787

Faustina, E. (2016). Perilaku Komunikasi Siswa di Sekolah Homogen Studi Etnografi Komunikasi pada Siswa Kelas XII SMA Santa Ursula Jakarta Perilaku Komunikasi Siswa di Sekolah Homogen SMA Santa Ursula Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 91–119.

Fauziati, E. (2016). Child Friendly School: Principles and Practices. The First International Conference on Child-Friendly Education, 95–101.

Handayani, H. L., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Perilaku Negatif Siswa: Bentuk, Faktor Penyebab, Dan Solusi Guru Dalam Mengatasinya. Elementary School, 7(2), 215–224. https://doi.org/10.1155/2010/706872

Hapsari, H. (2017). Perilaku Komunikasi Sadar Pangan dan Gizi Pada Akseptor KB Lestari (kasus di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang). Sosiohumaniora, 9(1), 24–36.

Holohan, M. (2019). How to stop bullying in schools: What works, what doesn’t. Today.Com. https://doi.org/10.4324/9781315070018

Ikhwan, A. (2018). Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Perspektif Islam. Al-Hayat, 02(01), 1–16.

Isnaini, Z. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah Isnaini. Jurnal Universitas Muhamadiyah Malang, 22(3), 56–79.

Ivanov, M., & Werner, P. D. (2010). Behavioral communication: Individual differences in communication style. Personality and Individual Differences, 49(1), 19–23. https://doi.org/10.1016/j.paid.2010.02.033

Jimerson, S. R., Swearer, S. M., & Espelage, D. L. (2010). International Scholarship Advances Science and Practice Addressing Bullying in Schools. In S. R. Jimerson, S. M. Swearer, & D. L. Espelage (Eds.), Handbook of Bullying in Schools: An International Perspective (p. 1). New York: Routledge.

Jung, Y. A. (2018). What Makes Bullying Happen in School? Reviewing Contextual Characteristics Surrounding Individual and Intervention Programs on Bullying. Elementary Education Online, 17(1), 1–6.

KEMENPPPA. (2020, June). Angka Kekerasan Terhadap Anak Tinggi Di Masa Pandemi, KEMEN PPPA Sosialisasikan Protokol Perlindungan Anak.

Khairil, M. (2012). Perilaku Komunikasi Terpidana Kelompok Terorisme. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 117–133.

Konu, A. I., Lintonen, T. P., & Autio, V. J. (2002). Evaluation of well-being in schools - A multilevel analysis of general subjective well-being. School Effectiveness and School Improvement, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.1076/sesi.13.2.187.3432

Larasati. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia 10-12 Tahun di Sekolah Dasar Z Kota Magelang Tahun 2014. Kesehatan Poltekemenkes, 7(3), 219–232.

Liu, D. (2017, June). Bullying in different nations - Centre for Learning Environment.

Maulida, H., & Prawira W, R. Y. (2020). Pola Komunikasi Siswa Di Lingkungan Sekolah Ramah Anak. Media Bina Ilmiah, 14(12), 3717–3728.

Maulida, H., Prawira W, R. Y., & Nugrahenti, M. C. (2020). Komunikasi Kesehatan Perilaku Hidup Sehat #JSR Di Media Sosial. Jurnal Teras Kesehatan, 3(1), 18–32. https://doi.org/10.38215/jutek.v3i1.44

Mega Rezkiana, N., & Torro, S. (2019). Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 6(3), 95–100. https://doi.org/10.26858/SOSIALISASI.V0I0.13364

Mink, M. C. (2014). Bullying Prevention : Combining Whole-School Approaches and Positive School Climate. Counselor Education Master’s Theses.

Moeller, J., Brackett, M. A., Ivcevic, Z., & White, A. E. (2020). High school students’ feelings: Discoveries from a large national survey and an experience sampling study. Learning and Instruction, 66, 1–15. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2019.101301

Munandar, A. (2013). Pengelolaan Lingkungan Dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak Di MIN 20 Aceh Besar (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Na’imah, T., & Tanireja, T. (2017). Student Well-being pada Remaja Jawa. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 1–11.

Ni, L., Xiao, Z., Liu, W., & Wang, Q. (2019). Relationship management as antecedents to public communication behaviors: Examining empowerment and public health among Asian Americans. Public Relations Review, 45(5). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.101835

Nofiyanto, E., Andarini, S., Koeswo, M., Ngantang, P., Malang, K., Kedokteran, F., … Malang, B. (2015). Perilaku Komunikasi Petugas Berhubungan dengan Persepsi Sehat-Sakit Pasien Rawat Inap Relationship Between Provider Communication with Patient ’ s Illness Perception. Kedokteran Brawijaya, 28(4), 355.

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Prabowo, A. (2016). Kesejahteraan Psikologis Remaja Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 246–260.

Prasetyo, R. A. B. (2018). Persepsi Iklim Sekolah dan Kesejahteraan Subjektif Siswa di Sekolah Perception on School Climate and Student’s Subjective Well-Being at School Ridwan Aji Budi Prasetyo Jurusan Psikologi Universitas Brawijaya, Malang. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 8(2), 133–144.

Prawira W, R. Y., & Maulida, H. (2020). Kredibilitas Komunikator Jurus Sehat Rasulullah Di Kalangan Followers Instagram @zaidulakbar. Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 1. https://doi.org/10.24014/jdr.v31i1.9527

Rigby, K. (2002). New Perspectives on Bullying. In Jessica Kingsley Publishers Ltd. United Kingdom: Jessica Kingsley Publishers.

Risminiwati, & Rofi’ah, S. N. (2015). Implementasi Pendidikan Ramah Anak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 68–76.

Rohmana, F. S., & Suyanto, T. (2019). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Sebagai Pengarusutamaan Hak Anak di MTsN 6 Jombang. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2), 646–660.

Rosen, L. H., DeOrnellas, K., & Scott, S. R. (Eds.). (2017). An Overview of School Bullying. In Bullying in School: Perspectives from School Staff, Students, and Parents (p. 2). USA: Palgrave Macmillan.

Safe and Supportive School Communities Working Group. (2020). Perspectives on bullying.

Sakti, B. P. (2016). Indikator Sekolah Dasar Ramah Anak.

Sampeali, Y. (2011). Communication Behavior of Bajo Tribe in doing Interaction with Mainland Community in Floating Village Of Mawasangka District , Buton Regency. Jurnal Komunikasi KAREBA, 1(3), 230–235.

Sasongko, W. A. (2016). Pengaruh Perilaku Komunikasi Terhadap Sikap Dan Adopsi Teknologi Budidaya Bawang Merah Di Lahan Pasir Pantai Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul. Agro Ekonomi, 25(1). https://doi.org/10.22146/agroekonomi.17380

Schott, R. M. (2014). The Social Concept of Bullying: Philosophical Reflections on Definitions. In R. M. Schott & D. M. Søndergaard (Eds.), School Bullying: New Theories in Context (p. 24). New York: Cambridge university Press.

Simahate, T. (2013). Penerapan Komunikasi Interpersonal Dalam Melayani Pengguna Perpustakaan. Jurnal Iqra’ Volume, 7(02), 16–26.

SIMFONI-PPA. (2020). Persentase Korban dan Pelaku Berdasarkan Jenis Kelamin, Kelompok Umur dan Status Usia.

Smith, P. K., & Sharp, S. (2003). The Problem of School Bullying. In P. K. Smith & S. Sharp (Eds.), School Bullying: Insight and Perspectives (p. 2). New York: Taylor & Francis e-Library.

Smith, P. K., Thompson, F., Craig, W., Hong, I., Slee, P., Sullivan, K., & Green, V. A. (2016). Actions to prevent bullying in western countries. In School Bullying in Different Cultures: Eastern and Western Perspectives (pp. 301–333). Cambridge University Press.

Soutter, A. K., O’Steen, B., & Gilmore, A. (2014). The student well-being model: a conceptual framework for the development of student well-being indicators. International Journal of Adolescence and Youth, 19(4), 496–520. https://doi.org/10.1080/02673843.2012.754362

Stiglbauer, B., Gnambs, T., Gamsjäger, M., & Batinic, B. (2013). The upward spiral of adolescents’ positive school experiences and happiness: Investigating reciprocal effects over time. Journal of School Psychology, 51(2), 231–242. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2012.12.002

Twemlow, S. W., & Sacco, F. C. (2008). Why School Antibullying Programs Don’t Work. USA: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.

Umar, S. H., & Umawaitina, M. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Program Sekolah Sehat Dan Ramah Anak Di Smp Negeri 7 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 2(1), 137–143. https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1464

UNICEF. (2006). The Child Friendly School manual.

West, B., & Turner, L. H. (2012). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salmeba Humanika.

Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86-94.

White, A. E., Moeller, J., Ivcevic, Z., Brackett, M. A., & Stern, R. (2018). LGBTQ Adolescents’ Positive and Negative Emotions and Experiences in U.S. High Schools. Sex Roles, 79(9–10), 594–608. https://doi.org/10.1007/s11199-017-0885-1

Yue, Y. (2017). The Impact Of Positive School Experiences And School Ses On Depressive Symptoms In Chinese Children: A Multilevel Investigation. International Journal of Child, Youth and Family Studies, 8(2), 37–58.