KEPUASAN KLIEN TERHADAP PELAYANAN SOSIAL DI LEMBAGA REHABILITASI SOSIAL KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA

Main Article Content

Suradi Suradi

Abstract

Implementasi program rehabilitasi sosial bagi korban penyalahgunaan NAPZA di lembaga rehabilitasi sosial atau Institusi Penerima Wajiba Lapor (IPWL), perlu didukung dengan informasi mengenai kepuasan klien. Sampai saat ini, sepengetahuan penulis, informasi mengenai kepuasan klien terhadap pelayanan sosial di IPWL masih sangat terbatas. Padahal, informasi mengenai kepusan klien ini sangat penting dalam proses rehabilitasi sosial bagi korban penyalahgunaan NAPZA. Artikel ini bertujuan untuk mendeskrisikan konsep, pandangan dan pemikiran mengenai kepuasan klien terhadap pelayanan sosial. Informasi mengenai kepuasan klien ini akan bermanfaat bagi IPWL dan para pemangku kepentingan dalam proses rehabilitasi sosial. Penulisan artikel ini sebagai  hasil analisis data sekuder dari berbagai literatur. Adapun metode dalam penulisan artikel ini adalah  deskripftif - interpretatif. Penulis berupaya mengadaptasi dan menginterpretasikan  konsep, pandangan dan pemikiran ke dalam konteks rehabilitasi sosial.  Hasil interpretasi, bahwa kepuasan klien dipengaruhi oleh produk, pelayanan, kemudahan, harga, emosional dan situasi. Pada akhirnya, kepusan klien  berpengaruh terhdap loyalitas dan motivasi klien untuk mengikuti program di IPWL. Keterlibatan secara aktif klien di IPWL akan mendukung proses rehabilitasi dan reintegrasi sosial dalam keluarga dan masyarakat.

Kata kunci : penyalahgunaan NAPZA, kepuasan klien, rehabilitasi sosial.

Article Details

How to Cite
Suradi, S. (2018). KEPUASAN KLIEN TERHADAP PELAYANAN SOSIAL DI LEMBAGA REHABILITASI SOSIAL KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA. Sosio Informa : Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 4(1). https://doi.org/10.33007/inf.v4i1.1039
Section
Articles
Author Biography

Suradi Suradi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia

Kementerian Sosial, Peneliti Utama bidang Kebijakan dan Pekerjaan Sosial

References

Aditia, Indra dan Suhaji 2012, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Ud Pandan Wangi Semarang/ https://media.neliti.com/media/ publications/ 102771-id-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kepuasan.pdf/diakses 30 Agustus 2017.

Amir, Fachruzi, 2012, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Hasjrat Abadi Di Makassar (Skripsi)/ 634/http://repository.unhas.ac.id/ bitstream/handle/123456789/1174/skripsi%20lengkap%20feb%20-%20manajemen-0312%20-%20fachruzi%20amir.pdf? sequence=1/diakses 9 Pebruari 2017.

Aini, Marya Nurul, 2014, Hubungan Motivasi Kerja dengan Kepuasan Kerja karyawan PT Sampoerna Printpack, Cakung, Jakarta Timur (Skripsi), Universitas Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Angelova, Biljana and Jusuf Zekiri, 2011, “Measuring Customer Satisfaction with Service Quality Using American Customer Satisfaction Model (ACSI Model)â€, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences October 2011, Vol. 1, No. 3 ISSN: 2222-6990/ http://www.hrmars.com/admin/pics/381.pdf/diakses 1 Pebruari 2017.

Arisman, (tt), “Mengukur Kepuasan Masyarakat dan Kualitas Pelayanan Publikâ€,/ https://jakarta.kemenkumham.go.id/download/karya-ilmiah/pelayanan-publik/71-mengukur-kepuasan-masyarakat-dan-kualitas-pelayanan-publik/ file/ diakses 15 Januari 2017.

Beard, Ross, 2014, “Why Customer Satisfacation Is Importantâ€/ http:// blog.clientheartbeat. com/why-customer-satisfaction-is-important/diakses 28 Januari 2016.

Bandu, Muh Yunus, 2013, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Pln (Persero) Rayon Makassar Barat/ http://repository.unhas.ac.id/ bitstream/handle/123456789/4627/diakses 30 Agustsu 2017.

Cengiz, Emrah, 2010, “ Measuring Customer Satisfaction: Must Or Not? “,/Journal Of Naval Science And Engineering 2010, Vol. 6, No.2, 76-88/https://www.dho. edu.tr/sayfalar/02_akademik/egitim_programlari/deniz_bilimleri_enstitusu/dergi/044_emrah_cengiz.pdf/diakses 1 Pebruari 2017.

Direktorat Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza, Kementerian Sosial RI, 2017, Data IPWL dan Target tahun 2017, Jakarta.

Elinaulfa, 2015, Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Pada Karyawan Pt Pln (Persero) Apj Surakarta/http:// eprints.ums.ac.id/ 39884/4/naskah% 20publikasi.pdf/4 september 2017.

Erviana, Okky, 2013, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. Soewondo Kendal (Skripsi), Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Harun, Haidir, 2006, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Produk Telkom Flexi.(Studi Kasus Pt.Telekomunikasi Indonesia Kota Semarang) (Tesis). Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang. http://rehsos.kemensos.go.id.

Nai, Enyonam Afi Ako,2011, Effect Of Customer Service On Customer Satisfaction, A Case Study Of Fidelity Bank, Adum, Kumasi/ http://dspace.knust.edu.gh/ bitstream/ 123456789/4232/1/ENYO'S%20THESIS-COMPLETE%20PDF.pdf/diakses tgl 31 Januari 2017.

Nugraheni, Zulfi Ahaditya Arif , (2015), “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatanmungkid Kabupaten Magelangâ€, http://eprints.uny.ac.id/28393/ 1/skripsi.pdf/diakses 22 januari 2016

Nurlinda, R.A, 2013, Pengaruh Customer Satisfaction Strategy Terhadap Peningkatan Kepuasan Konsumen/ Http://Digilib.Esaunggul.Ac.Id/Public/Ueu-Journal-2218-R_A_Nurlinda.Pdf/Diakses 30 Agustus 2017.

Prandita, Luli dan Sri Styo Iriani, 2013, Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Sogo Departemen Store / jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/5215/56/article.pdf/diakses 30 Agustus 2017.

Saputra, Falla Ilhami, 2013, Kualitas Layanan, Citra Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pt Bank Bni 46 Sentra Kredit Kecil Surabaya)/ Http://Jurnaljam.Ub.Ac.Id/Index.Php/ Jam/Article/Viewfile/539/599/ diakses 30 Agustsu 2017.

Sudaryanto, Y, 2016, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Monumen Yogya Kembali Yogyakarta)/ http://www.amaypk.ac.id/ download/pengaruh_kualitas_layanan_terhadap_kepuasan_konsumen.pdf/diakses 30 Agustus 2017.

Syaparilwadi, Panzy dan Aditya Wardhana, 2015, Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Konveksi Fazry / https://openlibrary. telkomuniversity.ac.id/.../pengaruh-kualitas-produk-terhadap-kepu../diakses 30 Agustus 2017.

Setiono, Devy Oktavia dan Nathania Kwanda, 2016, Analisa Hubungan Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Karyawan Pada Restoran Bakerzin Surabaya/http: //studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/ viewfile/4773/4383/4 September 2017.

Setyawan, Dwi Bagus, 2013, Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pdam Tirta Moedal Semarang) (Skripsi), Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Suchánek, Petr, Jiří Richter, Maria Králová, 2014, “Customer Satisfaction, Product Quality And Performance Of Companiesâ€, Review Of Economic Perspectives – Národohospodářský Obzor,Vol. 14, Issue 4, 2014, 329–344, Doi: 10.1515/Revecp-2015-0003/http://is.muni.cz/do/econ/soubory/aktivity/obzor/ 6182612/ 52576851/ 2014_4_02_suchanekrichterkralova.pdf/diakses 1 pebruari 2017

Suradi, dkk (2015), Kapasitas Institusi Penerima Wajib lapor dalam Penanganan Korban Penyalahgunaan Napza, Jakarta : P3KS press.

Wibowo, 2013, Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Di Kota Purwokerto (Skripsi)/ Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Winahyuningsih, Panca, 2010, Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Griptha Kudus / http://eprints.umk.ac.id/ 160/1/pengaruh_kepercayaan_dan_kualitas_pelayanan.pd/diakses 30 agustus 2017.