Abstract
Berbagai lembaga yang menyelenggarakan rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba telah berkembang, salah satunya diselenggarakan oleh Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya yang menerapkan pendekatan spiritualisme Islam untuk mengubah kebiasaan menggunakan narkoba menjadi kebiasaan melaksanakan ritual keagamaan sehingga tertanam sikap dan perilaku yang yang baik atau ahlakul karimah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba di Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari informan yang terdiri dari pimpinan pondok pesantren, pimpinan yayasan, pengelola Inabah, dan anak bina sebagai penerima manfaat. Hasil penelitian menunjukkan proses rehabilitasi yang diselenggarakan oleh Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya menggunakan aktivitas beribadah keagamaan sebagai kegiatan yang mengalihkan perhatian dan tenaga penyalahguna dari keinginan untuk menggunakan narkoba. Dari tujuan dan proses rehabilitasi, pendekatan spiritualisme yang dijalankan lembaga memungkinkan terjadinya perubahan perilaku melalui aktivitas ritual yang dapat mengembangkan dan memperkuat aspek spiritual anak bina. Namun demikian, masih dibutuhkan proses tindak lanjut untuk penguatan agar anak bina tidak lagi tergoda dengan kebiasaan lamanya yang buruk. Kajian kritis yang bersifat evaluatif diperlukan pada layanan berbasis faith based untuk memperkuat pengaruh dan posisi dari pendekatan ini di arena praktik pekerjaan sosialReferences
Abdullah S (2022) The role of tawba (repentance) in social work with Muslim clients. In: Schmid H and Sheikhzadegan A (eds) Exploring Islamic Social Work: Between Community and the Common Good.(pp. 233–248). Cham: Springer
Al-Krenawi, A., & Graham, J. R. (2007). Islamic Theology and Prayer: Relevance for Social Work Practice. In J. Coates, J. R. Graham, B. Swartzentruber, & B. Oullette, Spirituality and Social Work: Selected Canadian Readings (pp. 323-338). Toronto: Canadian Scholar Press, Inc.
Canda, R, Edward & Furman Leola Dyrud (2020) Spiritual Diversity in Social Work Practice: The Heart of Helping (3rd edn). New York: Oxford University Press.
Coates, J. (2007). Spirituality and Social Work. Toronto: Canadian Scholar Press Inc.
Dacey S. John & Travers F. John (2004). Human Development Across the Lifespan. McGraw-Hill
Dale, & Daniel, J. H. (2011). Spirituality/Religion as A Healing Pathway for Survivors of Sexual Violence. In
Thema Bryant-Davis, Surviving Sexual Violence: A Guide to Recovery and Empowerment. Maryland: Rowman & Littlefield Publishers.
Derezotes, D. S. (2005). Spirituality Oriented Social Work Practice. Boston: Allyn and Bacon
Fahrudin, A. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama
Kirst-Ashman, K. K., & Hull, Jr, G. H. (2018). Understanding Generalist Practice Eighth Edition. Boston: Cencage
Learning
Kuntowijoyo. (1991). Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi. Bandung: Penerbit Mizan
Leung, P. Y., Chan, C. W., Ng, S. M., & Lee, M. Y. (2009). Towards Body-Mind- Spirit Integration: East Meets West In Clinical Social Work Practice. Clinical Social Work Journal, 37(4), 303
Lezotte, E. (2010, Desember). Spirituality and Social Work. Focus CE Course. USA
Nelson, J. M. (2009). Psychology, Religion and Spirituality. New York: Springer
Northcut, T. B. (2000). Constructing A Place for Religion and Spirituality in Psychodynamic Practice. Clinical
Social Work Journal, 28(2), 155-169
Payne, M. (2005). Modern Social Work Theory 3rd Ed. New York: Palgrave Macmillan
Payne, M. (2014). Modern Social Work Theory (4th Ed). Basingstoke: Palgrave Macmillan
Rapp, M. A. (2010). The Practitioner's Attitude Toward Religion and Spirituality in Social Work Practice. Journal
Learning Disabilities, 34(1), 66-78
Sauter, C. (2019). Transpersonal Theory and Social Work: An Observation of Compatibility. Adelphi University
Schmid H and Sheikhzadegan A (2022) Increasing spirituality sensitivity and faith-based service provision: Pathways to Islamic social work. In: Schmid H and Sheikhzadegan A (eds) Exploring Islamic Social Work: Between Community and the Common Good. (pp. 1–23). Cham: Springer
Sholihah M, Ma’arif MA and Romadhon MS (2021) Konseling Islam dengan dzikir tarekat qadiriyah naqsabandiyah:
Mengatasi kegelisahan jiwa dan batin. Al Afkar 4(2): 299–317.
Solechah, Siti (2012) Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkoba Berbasis Islam di Pondok Inabah 13 Yogyakata, dalam Interkoneksi Islam dan Kesejahteraan Sosial : Teori, Pendekatan, dan Studi Kasus. Yogyakarta : Samudra Biru.
Wibhawa, B., Irfan, M., & Humaedi, S. (2011). Model-model Penanganan Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkoba di Tasikmalaya. Laporan Penelitian, FISIP Unpad.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Budi Muhammad Taftazani, Nurliana Cipta Apsari, Meilanny Budiarti Santoso