Pemenuhan Kebutuhan Informasi Program-Program Kesejahteraan Sosial oleh Kementerian Sosial bagi Masyarakat
PDF

Keywords

Efek Kognitif, Relasi Dengan Organisasi, Kebutuhan Informasi, Kementerian Sosial RI

How to Cite

Rachel Cristy, Rino Febrianno Boer, & Rr. Indrawati Kusumadewi. (2023). Pemenuhan Kebutuhan Informasi Program-Program Kesejahteraan Sosial oleh Kementerian Sosial bagi Masyarakat. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 11(3). https://doi.org/10.33007/ska.v11i3.3087

Abstract

Saat ini pemerintahan di Indonesia menggunakan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi salah satunya adalah Kementerian Sosial RI. Salah satu penggunaan media sosial oleh Kementerian Sosial RI adalah Instagram, yang digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai informasi bencana alam dan penanganannya, Bantuan Langsung Tunai (BLT), bantuan disabilitas, perlindungan anak, dan lain lain di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh efek kognitif dan Relasi Dengan Organisasi, yaitu Kementerian Sosial Republik Indonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers instagram @Kemensosri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Untuk mendapatkan hasil pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 206 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 81.1% kebutuhan informasi followers akun instagram @Kemensosri dipengaruhi oleh efek kognitif dan Relasi Dengan Organisasi. Sementara itu sisanya sebesar 18.9% dipengaruhi oleh faktor diluar dari variabel dalam penelitian ini. Namun menurut hasil antara kedua variabel, variabel Relasi Dengan Organisasi memiliki pengaruh lebih besar hal ini ditunjukkan dengan hasil 81.1% dan kognitif dengan hasil 59.7%.

 

https://doi.org/10.33007/ska.v11i3.3087
PDF

References

Bhaskara, F. A., Ceasearrio, F., Prakoso, S. S., Rahmawati, E. C., Sari, I. P., Aziiz, M. N., Robial, Y. J., Purwahananta, D., Permadi, A. R., Ramadhani, B., Shadiq, N., Kamilia, Q. W., Pradipta, R. R., Pahala, R. A., Karunia, A., Fahmi, Z., & Amirul, F. (2020). Media Dan Perkembangan Budaya. Malang: Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group).

Jung, E., Nam. K. J., & Ledingham, J. A. (2015). Public Relations As Relationship Management: A Relationsal Approach To the Study and Practice of Public Relations. New York: Routledge.

Laili, A., Rahmawati, G, D., dan Dzalila, L. (2020). Efektivitas Akun Instagram @Jakpostimages dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 10(2), 100-108. ISSN. 2442-6962.

Lama waktu penggunaan media sosial di dunia dari We Are Social. (2021). Diakses pada 2 Oktober 2021 pukul 20.00 WIB dari https://kumparan.com/kumparantech/orang-indonesia-lebih-kecanduan-media-sosial-dibanding-singapura-1v53lUaziZ4/2.

Makhmudah, S. (2019). Medsos Dan Dampaknya Pada Perilaku Keagamaan Remaja. Bogor: GUEPEDIA.

Mohammed, R. & Sharipudin, M. N. (2017). An Integrated Model to Measure Organization-Public Relationship (O-PR) and Reputation Practices in Malaysian Universities. Jurnal Komunikasi Malaysian Journal of Communication Jilid 33(3) 2017: 196-213.

Nurhadi, Z. F. (2017). Teori Komunikasi Kontemporer. Jakarta: Kencana.

Parikesit, A. G (2016). Konten yang paling banyak di posting pengguna di Indonesia. Diakses 2 Oktober 2021 pukul 22.00 WIB dari https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160118150454-188-105071/fakta-menarik-pengguna-Instagram-di-indonesia.

Perdana, C. R. G., Rizal, E., Khadijah, U. L. S. (2012). Hubungan Twitter Jatinangorku dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Seputar Daerah Jatinangor bagi Followers. Ejurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran Vol. 1(1), 1-15.Riyanto, A. D. (2021). Platforms Media sosial yang Banyak digunakan di Indonesia. Diakses 2 Oktober 2021 pukul 21.30 WIB dari https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/.

Rosza, D. A. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram @Halodoc Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Followers. JOM FISIP, 7(1), 1-11, dari https:jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/26577

Rubin, R. B., Rubin, A. M., Graham, E., Perse, E. M., & Seibold, D. (2010). Communication research measures II: Asourcebook. New York: Routledge.

Solihat, M., & Agustina, L. (2020). Using of Social Media as An Account to the Information Needs. The 3rd International Conference on Business, Economics, Social Sciences, and Humanities. ISBN: 978-623-95562-0-4.

Siregar, A. Z., & Harahap, N. (2019). Strategi Dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Publikasi. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencan.

Westerman, D., Spence, P. R., & Heide, B. V. D. (2014). Social Media as Information Source: Recency of Updates and Credibility of Information. Journal of Computer-Mediated Communication, 19(2), 171-183. DOI: 10.1111/jcc4.12041.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Rachel Cristy, Rino Febrianno Boer, Rr. Indrawati Kusumadewi

Downloads

Download data is not yet available.