Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meluhat pengaruh Kompetensi petugas pada Sistem Layanan Terpadu (SLRT) terhadap kualitas pelayanan bagi masyarakat miskin. SLRT merupakan salah satu solusi untuk menyatukan layanan pemerintah bagi keluarga miskin. Hal ini membutuhkan Kompetensi petugas yang mampu memberikan pelayanan kepada penerima manfaat secara maksimal. Metode yang digunakan adalah kuantif didukung data kualitatif. Responden terdiri dari petugas dan penerima manfaat. Lokasi penelitian adalah SLRT di Indonesia dengan cara stratifiet random sampling. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan; a) seberapa pengaruh ilmu pengetahuan terhadap kualitas layanan; b) seberapa besar pengaruh ketrampilan terhadap kualitas layanan dan seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap kualitas layanan. Penelitian ini akan bermanfaat secara praktis untuk mengembangkan kapasitas SLRT dan untuk pengembangan keilmuan Kesejahteraan sosial.Hasil penelitian menunjukkan, kapasitas petugas sangat sifgifikan berpengaruh terhadap pelayanan bagi masyarakat miskin. Petugas memahami secara keseluruhan yang terkait dengan pelayanan, memahami Pedoman Umum, program Pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial. Memiliki keterampilan yang mampu membantu menyelesaikan masalah dan menindak lanjuti keluhan penerima manfaat. Memiliki sikap tidak pilih kasih terhadap penerima manfaat, selalu siap membantu menyelesaikan keluhan, bersikap sopan, ramah dan dapat memberi penjelasan dengan baik. Penelitian ini berkontribusi dalam praktek Pekerjaan sosial khususnya dalam penanganan masalah kemiskinan
References
Adi, I. R. (2005). Kemiskinan Multidimensi. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(1), 27. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i1.109
Creswell, J. W. (1994). Researh Design Qualitative & Quantitative Approaches. International Educational and Profesional Publisher.
Fahrudin, A. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Refika Aditama.
Gadjah Mada, U., & Sosio Yustisia Yogyakarta, J. (2011). Menuju Pelayanan Sosial yang Berkeadilan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 15(1), 1–14. https://doi.org/10.22146/JSP.10921
Habibullah, H. (2020). PERAN PUSAT KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM PELAYANAN SOSIAL TERINTEGRATIF. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 9(3), 295-306.
K., Latief, A., Medagri, E., Suharyanto, A., kunci, K., & dan Sikap, K. (2019). Pengaruh Manajemen Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap terhadap Kinerja Karyawan. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 11(2), 173–182. https://doi.org/10.24114/JUPIIS.V11I2.12608
Nulhakim, L., Sahar, J., Fitriyani, P., Keperawatan, J., Kaltim, P. K., Ilmu, F., & Ui, K. (2017). Keterampilan Petugas Yang Baik Dalam Memberikan Pelayanan Merupakan Faktor Kapuasan Lansia. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 3(9), 491–500. https://doi.org/10.35963/HMJK.V3I9.28
Peraturan Menteri Sosial Nomor 15 tahun 2018. (2018). Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT).
RUSYIDI, B. (2018). SIKAP PEKERJA SOSIAL TERHADAP PEREMPUAN KORBAN PERKOSAAN. Share : Social Work Journal, 8(1), 74–86. https://doi.org/10.24198/SHARE.V8I1.16678
Setiawan, H. H. (2014). Pola Pengasuhan Keluarga Dalam Proses Perkembangan Anak . SOSIO INFORMA, 19(Kesejahteraan Sosial), 284–300.
Setiawan, H. H., Sumarno, S., kurniasari, A., Yusuf, H., Murni, R., & Rahman, A. (2021). The Village Integrated Social Services Through the Social Welfare Center in Indonesia. Proceedings of the 6th International Conference on Education & Social Sciences (ICESS 2021), 578, 139–143. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.210918.027
Setiawan, H. H., Sumarno, S., Murni, R., Kurniasari, A., Yusuf, H., & Rahman, A. (2020). The Influence of Staff Competency of Integrated Service in Handling of Poverty. 452(Aicosh), 117–122. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200728.026
Shermon, G. (2004). Competency Based HRM A Strategic for Competency Mapping, Assessment and Development Centres. Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.
Spencer, L. M., & Spencer, S. M. (1993). Competence At Work Models For Superior Performance. John Wiley & Sons, Inc.
THORPE, K. E., & PHELPS, C. E. (1991). THE SOCIAL ROLE OF NOT-FOR-PROFIT ORGANIZATIONS: HOSPITAL PROVISION OF CHARITY CARE. Economic Inquiry, 29(3), 472–484. https://doi.org/10.1111/J.1465-7295.1991.TB00840.X
Ward, T., & Birgden, A. (2007). Human Rights and Correctional Cinical Prctice. Aggression and Violent Behavior, 12, 628–643.
Zastrow, C. (2010). Introduction to Social Work and Social Welfare: Empowering People (10th ed.). Brooks/Cole Cengage Learning.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (2010). Delivering quality service : balancing customer perceptions and expectations. The Free Press. https://www.worldcat.org/title/delivering-quality-service-balancing-customer-perceptions-and-expectations/oclc/1112998100?referer=di&ht=edition
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Ruaida Murni, Hari Harjanto Setiawan